ICRC Sebut Perang di Gaza Sebagai Kegagalan Moral Israel dan Hamas

Komite Internasional Palang Merah (ICRC).
Sumber :
  • icrc.org.

Jenewa – Ketua Komite Palang Merah Internasional (ICRC), pada Selasa, 19 Desember 2023, menyesalkan adanya perang di Gaza. Organisasi itu juga menyebut tindakan Israel dan Hamas sebagai kegagalan moral, dan mendesak keduanya untuk mencapai kesepakatan baru untuk menghentikan pertempuran.

Top Trending : Pengalaman Tinggal Dekat Landasan Udara hingga Anak Kiai Sering Open BO Waria

“Saya telah berbicara tentang kegagalan moral karena setiap hari hal ini terus berlanjut, hari di mana komunitas internasional belum terbukti mampu mengakhiri penderitaan yang begitu besar, dan ini akan berdampak pada generasi tidak hanya di Gaza,” kata Presiden ICRC, Mirjana Spoljaric, kepada wartawan di Jenewa.

“Tidak ada apa pun tanpa kesepakatan kedua belah pihak, jadi kami mendesak mereka untuk terus bernegosiasi,” tambahnya, dikutip dari The New Arab, Rabu, 20 Desember 2023.

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Hamas membebaskan 24 orang sandera yang dievakuasi dengan mobil Red Cross

Photo :
  • Antara

Gencatan senjata yang dimediasi oleh Qatar dan Mesir diadakan selama seminggu pada akhir November, dan menghasilkan pembebasan 110 sandera di Gaza dengan imbalan 240 wanita dan remaja Palestina dari penjara Israel. Namun, Israel kemudian melanjutkan serangan udaranya pada 1 Desember 2023, dan beberapa sandera yang tersisa telah dinyatakan tewas oleh otoritas Israel.

Terima Ancaman, Badan Bantuan PBB untuk Palestina Tutup Kantornya di Yerusalem Timur

Meskipun ICRC memfasilitasi pembebasan sandera selama gencatan senjata, kelompok tersebut telah dikritik oleh beberapa warga Israel karena tidak berbuat lebih banyak untuk membebaskan sandera lainnya, dan memberikan mereka perawatan medis.

Beberapa pengguna media sosial juga menyamakan ICRC dengan layanan taksi untuk mengangkut sandera keluar dari Gaza. Hal itu langsung dibantah Spoljaric, seraya mengatakan bahwa analogi apa pun dengan layanan Uber atau taksi tidak dapat diterima dan keterlaluan.

"Anda tidak bisa pergi ke sana dan menyandera lalu membawa mereka keluar," kata Spoljaric.

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Photo :
  • ynetnews.com

Sementara itu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pekan lalu mengkonfirmasi bahwa perundingan baru sedang dilakukan untuk memulihkan sandera, yang masih ditahan oleh Hamas.

“Kami terus melakukan pembicaraan dengan semua pihak untuk kemudian siap mengoperasionalkan kesepakatan yang mereka capai,” kata Spoljaric.

“Yang jelas adalah pada tingkat permusuhan saat ini, respons kemanusiaan yang berarti masih sangat sulit, bahkan mustahil,” katanya.

Pernyataan ICRC muncul ketika organisasi yang berbasis di Swiss itu merilis strategi empat tahun yang baru, setelah berhasil menghindari krisis likuiditas tahun ini di tengah meningkatnya kebutuhan kemanusiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya