Natal Berdarah, 76 Orang Tewas Setelah Penembakan Brutal di Nigeria

Ilustrasi penembakan.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock.

Nigeria – Setidaknya 76 orang dinyatakan tewas, setelah pria tak dikenal melakukan serangan terhadap beberapa komunitas di Nigeria tengah-utara. Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat setempat, pada Senin, 25 Desember 2023.

Sebelum Bunuh Diri, Brigadir RAT Izin Kunjungi Kerabat di Jakarta Sejak 10 Maret

Serangan itu diketahui terjadi di wilayah pemerintahan lokal Bokkos dan Barkin-Ladi di negara bagian Plateau.

Ilustrasi tembakan.

Photo :
  • Antara Photo.
Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Ketua Pemerintah Daerah Bokkos, Monday Kasa, mengatakan serangan itu terjadi dari Sabtu hingga Senin dini hari, ketika penduduk setempat sedang dalam suasana perayaan Natal.

Kasa menjelaskan warga setempat masi mencari orang hilang yang diserang selama aksi penembakan tersebut. Dia mengatakan jumlah korban bertambah seiring dengan semakin banyaknya jenazah yang ditemukan.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Polisi dan Operation Safe Haven, satuan tugas keamanan gabungan yang menjaga hukum dan ketertiban di Plateau, belum memberikan komentar mengenai serangan itu karena operasi penyelamatan masih berlangsung di komunitas yang terkena dampak.

Beberapa rumah juga dibakar oleh para penyerang, yang juga menjarah produk pertanian dan menghancurkan properti dalam serangannya.

Bentrokan sering terjadi di negara bagian Dataran Tinggi Nigeria antara komunitas petani dan penggembala.

Ilustrasi mayat/jenazah.

Photo :
  • Pixabay.

Dalam pernyataan sebelumnya pada hari Senin, Gubernur Dataran Tinggi Caleb Mutfwang mengatakan sedikitnya 50 orang tewas oleh orang-orang bersenjata.

“Dari laporan intelijen yang saya peroleh, setidaknya 50 orang telah terbunuh di Mangu dan Bokkos dalam 48 jam terakhir,” kata Mutfwang, dikutip dari Anadolu Ajansi, Selasa, 26 Desember 2023.

Dia juga mengutuk serangan itu dan menyerukan tindakan cepat dan kewaspadaan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya