Tegang! Detik-detik Pendaratan 'Gila' Pesawat Boeing di Bandara Heathrow

Pesawat American Airlines tersapu badai saat mendarat di Bandara Heathrow
Sumber :
  • Bigjet TV

London – Pesawat Boeing 777 milik maskapai American Airlines yang terbang dari Los Angeles, Amerika Serikat (AS), mengalami insiden mengerikan saat hendak melakukan pendaratan atau landing di Bandara Heathrow, London, pada Rabu, 27 Desember 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Pesawat yang diduga membawa ratusan penumpang itu terekam oleng saat diterjang cuaca buruk yang terjadi wilayah tersebut dalam beberapa waktu terakhir. 

Pilot pesawat terpaksa melakukan manuver mengerikan melawan angin kencang yang disebabkan oleh Badai Gerrit,sebelum melakukan pendaratan 'gila' di Bandara Heathrow.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Dilansir Daily Mail, Jumat, video menunjukkan bagaimana penerbangan American Airlines dari Los Angeles diterjang hembusan angin kencang dan angin berkecepatan tinggi saat pilot mencoba mendarat di London.

Pesawat American Airlines tersapu badai saat mendarat di Bandara Heathrow

Photo :
  • Bigjet TV
DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Dalam rekaman yang beredar, pesawat Boeing 777 melayang dari arah angin silang saat mendekati landasan. Pesawat tampak terhuyung dan bergetar saat rodanya mendekati tanah.

Pengamat pesawat Big Jet TV, Jerry Dyer, yang membagikan rekaman tersebut secara online, memuji pilot tersebut karena berhasil mengatasi pendaratan yang tidak stabil. 

Dia men-tweet: 'Elemen crosswind yang kuat dan berhembus bahkan dapat membuat ancaman bagi pilot paling berpengalaman sekalipun.'

Pendaratan mengesankan sang pilot terjadi saat Badai Gerrit menghantam Inggris, menyebabkan 'tornado lokal' di Greater Manchester dalam semalam dan mendatangkan malapetaka pada jaringan perjalanan negara tersebut.

Dyer, yang menjadi viral tahun lalu setelah mendokumentasikan manuver yang dihadapi pilot saat mendarat di Heathrow selama Badai Eunice, mengatakan pendaratan pada Rabu, terekam saat siaran langsung mereka di bandara.

Dia memposting video berdurasi satu menit di X dan telah dilihat lebih dari 2,3 juta kali. Sepanjang klip tersebut, terdengar para penggila penerbangan bereaksi tak percaya saat pesawat kesulitan mendarat.

"Pusarannya berasal dari angin, kawan," katanya ketika pesawat sudah mendekati landasan. Dia kemudian berteriak 'oh, oh, oh, hentikan' saat Boeing 777 itu bergoyang maju mundur.

Mengomentari klip tersebut, dia menambahkan: 'Tidak akan senang menjadi NFP yang satu ini.'

Dalam penerbangan, angin silang atau crosswind adalah komponen angin yang bertiup melintasi landasan pacu, membuat pendaratan dan tinggal landas pesawat lebih sulit daripada jika angin bertiup lurus ke landasan. 

Jika angin silang bertiup cukup kuat, dapat berakibat fatal karena merusak undercarriage pesawat pada saat mendarat.  
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya