Pemimpin Hamas Saleh Arouri Tewas Dalam Serangan Drone Israel

Pendiri Sayap Militer Hamas, Saleh Arouri.
Sumber :
  • Mohammad Austaz/Hamas Media Office via AP.

Bairut – Wakil Kepala Politik Hamas dan Pendiri Sayap Militer Hamas, Saleh Arouri, tewas terbunuh dalam pesawat tak berawak di pinggiran selatan Beirut, Lebanon, pada Selasa 2 Januari 2024. Saleh Arouri telah menjadi target Israel selama bertahun-tahun. 
 
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pernah mengancam akan membunuhnya bahkan sebelum Hamas melancarkan serangan mendadak yang mematikan terhadap Israel pada 7 Oktober, yang memicu perang brutal yang sedang berlangsung di Gaza.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Melansir AP, Israel menuduh Arouri, yang berusia 57 tahun, mendalangi serangan melawan Israel di Tepi Barat, ketika dia menjadi komandan utama Hamas. Pada tahun 2015, Departemen Keuangan AS menetapkan Arouri sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus dan menawarkan hadiah US$5 juta untuk informasi tentang dirinya.

Kantor Berita Nasional Lebanon menyalahkan pesawat tak berawak Israel. Para pejabat Israel menolak berkomentar.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Serangan drone Israel menghancurkan sebuah gedung apartemen di tengah pinggiran

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla.

Ditanya tentang ancaman pembunuhan terhadap dirinya dalam sebuah wawancara dengan Al-Mayadeen yang berbasis di Beirut pada bulan Agustus, Arouri berkata, “Tidak aneh bagi kami jika para komandan dan kader gerakan menjadi martir. Saya tidak pernah menyangka bisa mencapai usia ini, jadi saya hidup dengan waktu pinjaman,” katanya.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Dalam wawancara yang sama, ia mengancam bahwa jika terjadi perang skala penuh, “Israel akan menderita kekalahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah.”

Saleh Arouri terbunuh dalam serangan di sebuah gedung apartemen di tengah pinggiran selatan Beirut, yang merupakan benteng politik dan keamanan Hizbullah tetapi juga merupakan daerah perkotaan yang padat penduduknya.

Serangan drone Israel menghancurkan sebuah gedung apartemen di tengah pinggiran selatan Beirut.

Photo :
  • AP/Hassan Ammar.

Pejabat Hamas mengkonfirmasi kematian Arouri, bersama enam anggota Hamas lainnya, termasuk dua komandan militer. Seorang pejabat keamanan Lebanon, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang berbicara kepada media, mengatakan serangan itu tampaknya dilakukan oleh sebuah pesawat tak berawak yang menembakkan rudal ke dalam gedung, menargetkan satu lantai tertentu.

Ledakan tersebut mengguncang daerah sekitarnya, memecahkan jendela-jendela di gedung-gedung di sekitarnya dan menyebabkan kebakaran di jalan di distrik Musharafieh. Penduduk di daerah tersebut bergegas ke jalan-jalan di sekitar bangunan yang menjadi sasaran, menggali puing-puing dan pecahan kaca untuk mencari korban atau mayat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya