Bagaimana Semua 379 Penumpang Japan Airlines Selamat dari Kebakaran Pesawat Dalam 90 Detik

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang
Sumber :
  • Kyodo News via AP

Tokyo – Rekaman mengerikan yang memperlihatkan pesawat Japan Airlines terbakar sebelum mendarat di Bandara Haneda Tokyo telah membuat dunia terkejut.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Hebatnya, seluruh penumpang yang berjumlah 379 orang selamat, setelah Airbus A350 bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang saat mencoba mendarat.

Graham Braithwaite, pakar keselamatan penerbangan di Cranfield University di Inggris, mengatakan bahwa desain pesawat dan pelatihan staf tingkat tinggi di maskapai tersebut kemungkinan besar merupakan kunci untuk menghindari bencana. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

90 Detik untuk Melarikan Diri 

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Photo :
  • (NTV melalui AP)
Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Japan Airlines Penerbangan 516 terbakar saat mendarat di bandara Haneda Tokyo pada Selasa malam, 2 Januari 2024, setelah bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai yang sedang dalam perjalanan untuk memberikan bantuan bencana gempa.

Rekaman dramatis dari dalam pesawat menunjukkan pesawat dipenuhi asap saat penumpang dievakuasi, dan video jaringan berita menunjukkan penumpang menuruni balon seluncuran dan berlari dari pesawat saat api membakar mesin. Tak lama setelah itu, pesawat dilalap api meskipun ada upaya petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Braithwaite mengatakan berdasarkan peraturan keselamatan, perancang pesawat harus menunjukkan bahwa sebuah pesawat dapat dievakuasi hanya dalam waktu 90 detik dengan 50 persen pintu keluar tersedia jika terjadi kecelakaan.

Namun, katanya, hal ini tidak memperhitungkan kepanikan yang melanda pesawat setelah insiden mengerikan itu, dan waktu tambahan yang dibutuhkan penumpang yang rentan, seperti anak-anak dan orang tua, untuk mendapatkan keselamatan.

“Ingatlah bahwa tes semacam itu tidak dilakukan di lingkungan dengan tekanan tinggi (seperti kecelakaan hari ini),” ujarnya tentang aturan 90 detik.

Dalam kondisi tersebut, kata dia, kinerja awak pesawat dalam mengevakuasi penumpang sangat baik, tidak ada korban jiwa dan hanya 17 penumpang yang mengalami luka ringan. Meski demikian, lima orang yang berada di dalam pesawat Penjaga Pantai tewas, dan satu orang terluka parah.

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

Pakar keamanan penerbangan Jeffrey Price menyebutnya sebagai "keajaiban" bahwa semua orang di penerbangan Japan Airlines dapat dievakuasi dengan selamat.

“Ini tidak hanya menunjukkan tindakan luar biasa yang dilakukan para awak pesawat, namun juga para penumpang itu sendiri yang mampu mengeluarkan begitu banyak orang dari pesawat secepat mungkin sebelum benar-benar dilalap api,” ucap Price, seorang profesor penerbangan di Negara Bagian Metropolitan Colorado Universitas Denver.

“Yang lebih menakjubkan lagi adalah para penumpang tetap waspada dan tidak panik, yang hanya akan menyebabkan lebih banyak kekacauan dan korban jiwa,” tambahnya, dikutip dari Business Insider, Rabu, 3 Januari 2024.

Price mengatakan meskipun ada unit penyelamat dan pemadam kebakaran di bandara, dibutuhkan waktu hingga tiga menit atau lebih, sebelum petugas tanggap darurat tiba di lokasi. “Diperlukan waktu sekitar 90 detik untuk api dapat membakar badan pesawat,” ujarnya.

“Berdasarkan angka-angka tersebut, penumpang dan awak pesawat harus mandiri selama satu hingga dua menit pertama keadaan darurat sebelum bantuan tiba.”

“Ini adalah contoh evakuasi pesawat yang berjalan dengan baik,” tutur Price.

Dia juga mengatakan keberhasilan evakuasi menunjukkan ketahanan pesawat modern, dan seberapa baik desainnya. 

Lalu, Bagaimana Desain Pesawat Bisa Membantu?

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

Kebakaran di dalam pesawat telah lama dianggap sebagai salah satu ancaman terbesar terhadap keselamatan pesawat, karena pesawat tersebut menggunakan bahan bakar yang sangat mudah terbakar dan berbagai bahan yang sangat mudah terbakar di dalamnya.

Braithwaite menjelaskan bahwa kabin pesawat, seperti Airbus A350 yang terlibat dalam kecelakaan Selasa malam, dirancang dengan bahan khusus untuk menghentikan penyebaran api dengan cepat dan asap beracun yang dihasilkan.

Bencana Bandara Manchester tahun 1985, yang menewaskan 55 orang ketika sebuah penerbangan British Airtours terbakar ketika lepas landas, telah mendorong pemikiran ulang mengenai keselamatan pesawat, katanya.

Pesawat kini dirancang sedemikian rupa sehingga pintu keluar darurat mudah diakses di mana pun anda duduk, dan lampu menunjukkan lokasinya dalam kondisi jarak pandang buruk, seperti saat asap menyebar.

Tapi, keberuntungan juga berperan

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

"Faktor-faktor seperti apakah badan pesawat rusak dalam kecelakaan itu, atau peran yang dimainkan oleh petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api kemungkinan besar memberikan waktu yang berharga bagi penumpang saat mereka melarikan diri," kata Braithwaite.

Sebuah penelitian pada tahun 2002 menemukan bahwa pilot memiliki waktu sekitar 17 menit untuk mendaratkan pesawat dengan aman jika terdeteksi adanya kebakaran di pesawat, sehingga fakta bahwa pesawat JAL sudah mendarat ketika kecelakaan terjadi merupakan faktor penting dalam memberikan waktu bagi penumpang untuk keluar. 

Braithwaite mengatakan Japan Airlines telah lama menerapkan pendekatan "sangat baik" terhadap keselamatan penumpang.

“Dedikasi mereka dalam meningkatkan keselamatan sudah mengakar dalam organisasi, dan mereka memiliki budaya yang sangat kuat dalam mengikuti prosedur operasi standar,” jelasnya.

Bencana pesawat terburuk dalam sejarah penerbangan, ketika sebuah penerbangan Japan Airlines jatuh di sebuah gunung dekat Tokyo pada tahun 1985 dan menewaskan 520 orang, telah mendorong perhatian yang kuat terhadap keselamatan penumpang di perusahaan tersebut, menurutnya.

Dia mengatakan bahwa semua staf di perusahaan harus mengunjungi pusat keselamatan udara khusus di kantor pusat maskapai penerbangan, di mana mereka diajarkan potensi konsekuensi dari kesalahan yang terjadi, dan seberapa banyak upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki keselamatan penumpang.

“Saya pikir budaya di dalam JAL akan memberikan perbedaan yang luar biasa terhadap hasil dari peristiwa tragis ini,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya