Arab Saudi Ungkap Keprihatinan Terkait Eskalasi Konflik di Laut Merah

VIVA Militer: Kapal tanker STRINDA dihantam rudal milisi Houthi
Sumber :
  • cnn.com

Riyadh – Arab Saudi mengatakan pada Jumat pagi, 12 Januari 2024, bahwa mereka sangat prihatin dengan operasi militer yang terjadi di wilayah Laut Merah dan serangan udara di beberapa lokasi di Yaman.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

“Sementara Kerajaan menekankan pentingnya menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Laut Merah, di mana kebebasan navigasi merupakan tuntutan internasional dan kepentingan seluruh dunia, Arab Saudi menyerukan untuk menahan diri dan menghindari eskalasi konflik ringan pada peristiwa yang disaksikan di wilayah ini,” demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Saudi Press Agency, dikutip dari Alarabiya.

VIVA Militer: Rudal milisi Houthi Yaman

Photo :
  • aa.com.tr
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Pernyataan itu muncul tak lama setelah Amerika Serikat (AS) dan Inggris mengumumkan bahwa mereka telah menyerang lebih dari belasan sasaran yang digunakan oleh Houthi yang didukung Iran di Yaman.

Houthi sendiri telah melakukan 27 serangan terhadap pelayaran internasional sejak 19 November di Laut Merah, menurut militer AS.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Washington dan sejumlah negara juga telah memperingatkan kelompok tersebut untuk menghentikan serangannya atau menghadapi konsekuensinya.

Sebagai informasi, Laut Merah adalah salah satu jalur laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.

VIVA Militer: Kapal tanker Norwegia, Stride, dihantam rudal milisi Houthi Yaman

Photo :
  • 9news.com.au

Namun, kelompok Houthi telah secara signifikan meningkatkan keterlibatan mereka dalam konflik Israel-Hamas di Jalur Gaza, dengan menargetkan kapal-kapal di Laut Merah bagian selatan dan memperingatkan untuk menyerang semua kapal yang menuju Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya