Al-Quran Berusia 14 Abad Bakal DiJual Awal Bulan Ramadhan Nanti

Alquran (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Sebuah salinan langka Al-Quran dari awal abad ke-7 yang berusia 14 abad akan dilelang pada bulan Maret 2024. Manuskrip kuno ini dihargai sebesar 1 juta Euro atau setara dengan Rp17 miliar. Al-Quran kuno ini menggunakan aksara Hijazi.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Dilansir dari Arab News, Rabu, 24 Januari 2024, menurut Shapero Rare Books, penjualnya, aksara Hijazi digunakan sebelum bahasa Arab mengalami standarisasi, khususnya pada abad ke-7 M, sekitar 50 tahun setelah kewafatan Nabi Muhammad SAW. Terjemahan Al-Quran ini disusun di wilayah Hijaz, yang mencakup Kota Makkah dan Madinah.

salinan langka AlQuran

Photo :
  • Istimewa
Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

“Contoh paling awal Al-Quran ditulis dalam aksara Hijazi dan periode ini juga menandai tonggak penting dalam evolusi bahasa Arab dan perkembangannya dalam bentuk tulisan," kata Shapero Rare Books dalam siaran persnya,

"Perkamen ini adalah contoh awal yang bagus dan manuskrip ini berperan penting dalam kelahiran Islam dan bagaimana agama tersebut menyebar dari Makkah ke beberapa benua," tambahnya.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Shapero Rare Books mengakui keberadaan naskah Al-Quran dari periode tersebut merupakan hal "luar biasa" mengingat betapa langkanya penjualan barang-barang tersebut. Selain itu, peluang untuk mendapatkan materi Al-Quran periode awal sangat jarang karena mayoritas sudah disimpan di museum dan perpustakaan.

Hanya ada empat contoh Al-Quran Hijazi awal abad ke-7 yang telah teridentifikasi, termasuk Codex Parisino-petropolitanus, yang sebagian besar disimpan di Bibliotheque Nationale de France dalam 36 folio, dengan folio tunggal lainnya di Vatikan, Khalili Koleksi dan Perpustakaan Nasional Rusia.

Contoh naskah lainnya disimpan di Universitas Birmingham, Inggris, Perpustakaan Dar Al-Makhtutat di Yaman, dan Universitaetsbibliothek Tuebingen di Jerman.

Spesialis Timur Dekat dan Islam dari Shapero Rare Books Roxana Kashani mengatakan merupakan suatu kehormatan bisa menawarkan salah satu manuskrip awal ini ke pasar. Al-Quran tersebut bakal ditampilkan di pameran seni rupa Eropa TEFAF Maastricht pada Maret 2024 dan dibanderol 1 juta Euro atau sekitar Rp 17 miliar.

salinan langka AlQuran

Photo :
  • Istimewa

Penjualan salinan Al-Quran kuno sudah kerap dilakukan terutama di pameran buku atau seni. Pada November 2023 lalu, salinan Al-Quran yang berasal dari awal hingga pertengahan abad ke-8 hadir dalam Pameran Buku Internasional Sharjah (SIBF) ke-42 di Uni Emirat Arab (UEA).

Al-Quran kuno ini juga dijual seharga 13.000 dirham UEA atau sekitar Rp55 juta. Manuskrip Al-Quran tersebut merupakan koleksi Museum Istana Topkapi di Istanbul, Turki

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya