Hubungan Memanas, 5 Orang Tak Dikenal Terobos Masuk Kedutaan Iran di Swedia

bendera swedia
Sumber :
  • Pixabay

Stockholm – Lima orang menerobos masuk ke kedutaan Iran di Swedia pada Selasa sore, 23 Januari 2024. Namun, orang tidak dikenal tersebut berhasil dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Alasan Manajer Resto Milik Hotman Paris Bawa Kabur Uang Rp 172 Juta, Kecanduan Judi Online

Polisi telah dipanggil ke kedutaan Iran karena ada kerumunan di luar dan lima orang (tidak dikenal) yang telah memasuki area kedutaan,” kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Melansir dari Alarabiya, Rabu, 24 Januari 2024, satu orang ditangkap karena dugaan agresi. Semua penyusup dikawal keluar, kata juru bicara polisi kepada stasiun televisi TV4.

Detik-detik Pembunuh Keluar Hotel Bawa Jasad Wanita dalam Koper yang Ditemukan di Cikarang

VIVA Militer: Bendera Republik Islam Iran

Photo :
  • Edarabia

Hubungan antara Swedia dan Iran memburuk setelah pengadilan Swedia menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada mantan petugas penjara Iran, Hamid Noury, atas eksekusi massal pada tahun 1988.

Polisi di Padang Panjang Ketangkap Bawa 141 Kilogram Ganja

Kemudian, pada 19 Desember 2024, pengadilan banding Swedia mengukuhkan hukuman seumur hidup bagi Noury, karena pelanggaran berat terhadap hukum humaniter internasional dan perannya dalam pembunuhan setidaknya 5.000 tahanan selama pembersihan pembangkang di Iran pada tahun 1988.

Beberapa warga negara Swedia ditahan di Iran, termasuk diplomat Uni Eropa, Johan Floderus.

Sebelumnya, pada bulan Desember, Floderus diadili di Iran atas tuduhan berkonspirasi dengan musuh bebuyutan Iran, Israel.

Iran telah menggunakan tahanan asing sebagai alat tawar-menawar untuk membebaskan warganya yang ditahan di luar negeri, dan media Swedia menyatakan pertukaran tahanan mungkin dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya