Ini Dia Daftar Militer Terkuat di Timur Tengah, Arab Saudi Tak Masuk 3 Teratas

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Turki (TSK)
Sumber :
  • egypttoday.com

VIVA Dunia – Negara Turki, Mesir, dan Iran memiliki tiga kekuatan militer terkuat di kawasan negara Timur Tengah dan Afrika Utara, menurut Peringkat Kekuatan Militer Global Fire Power 2023 yang diumumkan awal pekan ini.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Turki telah naik dua peringkat dalam peringkat global, dengan laporan peningkatan jumlah warga negara yang siap untuk dinas militer, dan total personel militer terbaru sebanyak 755.000 orang, melansir A News, Kamis, 1 Februari 2024.

Di bawah pemerintahan presiden Abd el-Fattah al-Sisi, Mesir tetap mempertahankan belanja militernya, dengan tokoh-tokoh yang bersimpati dengan mereka yang memegang peran penting dalam perekonomian untuk memastikan pendanaan militer tetap terjaga.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Turki (TSK)

Photo :
  • egypttoday.com

Peringkat Iran masih jauh di atas rival regionalnya, Arab Saudi. Ketiga negara tersebut semuanya berada di peringkat di atas Israel.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Menurut indeks tersebut, Israel berada di peringkat ke-18 secara global, dengan belanja militer yang datar dan prajurit serta perempuan yang memenuhi syarat, meskipun masih mempertahankan dinas militer yang ketat.

Global Fire Power menggunakan lebih dari 60 faktor untuk menghitung 'indeks kekuatan' militer suatu negara, dengan menggunakan metrik konvensional mengenai kapasitas militer, serta kemajuan teknologi di negara-negara kecil.

Di Afrika Utara, Aljazair tetap unggul dibandingkan pesaing regionalnya, dengan menempati peringkat ke-26 dunia.

Libya dan Suriah termasuk peringkat di bawah, karena perang yang telah berlangsung bertahun-tahun telah menguras sumber daya militer, perekonomian, dan belanja militer negara-negara bekas kekuatan besar di Kawasan.

Negara terlemah di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara adalah Lebanon, berada di tengah di antara Mali dan Mozambik di peringkat 111, dengan perekonomian yang lemah dan hanya memiliki sedikit uang untuk dibelanjakan pada perangkat keras dan pelatihan militer baru.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Turki (TSK) di Suriah

Photo :
  • pbs.org

Berikut ini peringkat Timur Tengah selengkapnya yang dipublikasikan dalam indeks tersebut:

Turki

Mesir

Iran

Israel

Arab Saudi

Aljazair

Irak

UEA

Maroko

Suriah

Qatar

Tunisia

Yaman

Sudan

Oman

Kuwait

Bahrain

Libya

Yordania

Libanon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya