Pengadilan di India Izinkan Umat Hindu Beribadah di Dalam Masjid

Umat Hindu Beribadah (Doc: Anadolu Ajansi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

New DelhiPengadilan di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, memutuskan bahwa umat Hindu boleh melaksanakan ibadah di dalam Masjid Gyanvapi abad ke-17, yang terletak di kota kuno Varanasi. Hal itu disampaikan oleh pengacara yang mewakili umat Hindu, pada Rabu, 31 Januari 2024.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Pengadilan distrik Varanasi mengizinkan kerabat Hindu yang ditunjuk oleh Dewan Perwalian Kashi Vishwanath untuk mengadakan salat.

Mitos Agama Hindu di India

Photo :
  • scmp.com
Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Pengadilan juga mengarahkan pemerintah untuk membuat pengaturan dalam waktu tujuh hari untuk melakukan ritual ibadah di dalam salah satu ruang bawah tanah yang tertutup, yang terletak di dalam masjid, kata para pengacara.

“Doa akan dimulai dalam tujuh hari,” kata Vishnu Shankar Jain, salah satu pengacara pemohon, kepada wartawan di Varanasi.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Melansir dari Anadolu Ajansi, Kamis, 1 Februari 2024, Masjid Gyanvapi, yang terletak berdekatan dengan Kuil Kashi Vishwanath abad ke-18, kini menjadi pusat perselisihan hukum yang sedang berlangsung di India.

Keputusan pengadilan tersebut diambil beberapa hari setelah Survei Arkeologi India, sebuah badan pemerintah, menyimpulkan bahwa kuil Hindu sudah ada sebelum pembangunan masjid.

Namun, Komite Masjid Anjuman Intezamia, dari pihak Muslim, mengatakan bahwa hal itu hanyalah laporan dan bukan keputusan akhir. Masjid Babri di kota utara Ayodhya di Uttar Pradesh, Gyanvapi adalah masjid abad pertengahan lainnya yang diklaim oleh umat Hindu.

Pada 6 Desember 1992, Masjid Babri yang dibangun pada abad ke-16 dirobohkan oleh kelompok Hindu garis keras yang mengklaim bahwa situs tersebut adalah tempat kelahiran Lord Ram.

Setelah pengadilan tinggi India menyelesaikan masalah kepemilikan situs tersebut pada tahun 2019 dan menyerahkan situs tersebut kepada umat Hindu serta mengizinkan pembangunan sebuah kuil, Perdana Menteri Narendra Modi meresmikan kuil megah Ram bulan ini.

Umat Hindu secara luas percaya bahwa Masjid Gyanvapi dibangun atas perintah penguasa Mughal Aurangzeb, dengan merobohkan sebagian Kuil Kashi Vishwanath pada abad ke-17.

Masjid Babri atau Babur di India.

Photo :
  • Places of Peace

Namun, umat Islam berpendapat bahwa lembaga tersebut berada di lingkungan Badan Wakaf, yang bertanggung jawab atas pemeliharaan properti Islam di India.

Sebelumnya, gugatan juga diajukan oleh lima perempuan Hindu yang mencari hak beribadah di kompleks masjid. Tahun lalu, pengadilan India memutuskan bahwa pejabat dapat melakukan survei ilmiah.

Kelompok Muslim menentang survei tersebut, dengan mengatakan bahwa survei itu bertentangan dengan Undang-Undang Tempat Ibadah tahun 1991, yang mempertahankan status keagamaan tempat ibadah mana pun mulai 15 Agustus 1947.

Pihak Hindu bahkan mengklaim bahwa tim yang ditunjuk pengadilan dalam survei telah menemukan peninggalan dewa Siwa dalam agama Hindu di dalam kolam, di halaman masjid, yang biasa digunakan untuk wudhu sebelum salat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya