Mulai Pikun, Joe Biden Ngaku Abis Ngobrol Sama Mantan Kanselir Jerman, Padahal Tewas di Tahun 2017

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden
Sumber :
  • cleveland.com

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah menimbulkan kontroversi dengan kesalahan ucapannya baru-baru ini, di mana ia menceritakan percakapan dengan seorang pemimpin global yang telah meninggal.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Kejanggalan ini menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan kognitifnya.

Joe Biden mengklaim dia berbicara dengan mendiang Kanselir Jerman Helmut Kohl, yang meninggal pada tahun 2017, pada tahun 2021 sambil mengingat percakapan masa lalu selama acara penggalangan dana pada hari Rabu, melansir Fox News, Jumat, 9 Februari 2024.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Erich Honecker dan Helmut Kohl

Photo :
  • germanhistorydocs.ghi-dc.org

Kesalahan itu adalah yang kedua dilakukan Biden dalam pekan ini. 

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Biden menghadiri tiga acara resepsi kampanye di New York pada Rabu sore, sesuai jadwalnya. Pada acaranya yang kedua dan ketiga, ia menyampaikan kepada para donor tentang percakapan seputar tanggal 6 Januari 2021, pada pertemuan KTT Kelompok Tujuh (G7) pertamanya sebagai presiden, yang diadakan di Inggris pada bulan Juni tahun itu. 

Biden mengatakan bahwa mendiang Kanselir Jerman Kohl bertanya kepadanya apa yang akan dia katakan jika dia mengetahui 1.000 orang menyerbu Parlemen Inggris dalam upaya untuk menolak perdana menteri berikutnya untuk menjabat.

Pertemuan tahunan tersebut tidak dihadiri oleh Kohl, karena ia telah meninggal selama empat tahun, melainkan oleh mantan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Kesalahan pada hari Rabu itu serupa dengan yang dibuat Biden pada hari Minggu lalu, setelah dia mengklaim bahwa dia berbicara dengan François Mitterrand, seorang presiden Prancis yang meninggal pada tahun 1996, pada pertemuan G7 yang sama.

"Saya duduk dan berkata, 'Amerika sudah kembali,'" kata Biden dalam pidatonya di Las Vegas. "Dan Mitterrand dari Jerman, maksud saya dari Prancis, menatap saya dan berkata …" Biden kemudian tampak berfikir untuk melengkapi kalimat: "Berapa lama Anda akan kembali?" lanjutnya. 

Insiden minggu ini hanyalah yang terbaru dari serangkaian komentar membingungkan Biden yang melibatkan pejabat dunia yang telat meninggal dunia.

Misalnya, Biden mengatakan kepada para pendukungnya pada pertemuan tahun 2022 di Pantai Hallandale, Florida, bahwa dia berbicara dengan orang yang “menemukan” insulin. “Berapa banyak dari Anda yang mengenal seseorang yang mengidap diabetes dan membutuhkan insulin?” Biden bertanya kepada para pengunjung. "Tahukah Anda berapa biaya untuk membuat obat insulin untuk diabetes? Obat ini ditemukan oleh seorang pria yang tidak mematenkannya karena dia ingin obat tersebut tersedia untuk semua orang. Saya berbicara dengannya, oke?"

Pada saat Biden lahir pada tahun 1942, salah satu penemu insulin, Frederick Banting dan John Macleod, sudah meninggal. Charles Best dan James Collip, dua orang yang turut menemukan insulin, masih hidup selama beberapa dekade setelah Biden lahir, namun disebutkan dalam paten tersebut, yang bertentangan dengan pernyataannya.

Tidak lama sebelum acara di Florida, Biden berbicara di Konferensi Gedung Putih tentang Kelaparan, Nutrisi dan Kesehatan pada bulan September 2022, dan menyaksikan mendiang anggota Partai Republik dari Indiana, Jackie Walorski, yang meninggal dalam kecelakaan mobil sebulan sebelumnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua di sini, termasuk pejabat terpilih bipartisan seperti… Senator Braun, Senator Booker, dan Jackie, apakah Anda di sini? Di mana Jackie?" kata Biden sambil mencarinya. "Saya kira dia akan berada di sini."

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • cleveland.com

Biden juga mengatakan kepada sekelompok donor selama kampanye presiden tahun 2019 bahwa mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher, yang meninggal pada tahun 2013, mengkhawatirkan Amerika di bawah kepemimpinan Trump.

Ketika orang-orang menunjukkan kesalahan tersebut, Biden menggambarkannya sebagai "kekeliruan Freudian" dan mengatakan yang dia maksud adalah ucapan Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya