Jadi Sasaran Baru Serangan Darat Israel, Begini Strategisnya Rafah Pintu Gerbang Gaza

Bangunan tempat tinggal di Rafah jadi sasaran gempuran rudal Israel
Sumber :
  • AP Photo/Fatima Shbair

Gaza – Rafah, menjadi wilayah terbaru sebagai target operasi darat Israel yang akan segera terjadi, dan dampaknya terhadap lebih dari satu juta warga sipil Palestina, yang terjebak di daerah tersebut. Tapi, apa itu Rafah dan apa rincian seputar operasi Israel yang diumumkan di wilayah tersebut?

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Rafah sendiri melintasi perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir.

Di sisi Palestina, itu adalah nama gubernur paling selatan di Gaza dan ibu kotanya, serta nama penyeberangan ke Sinai di Mesir. Di sisi Mesir, ini adalah sebuah kota di provinsi Sinai Utara.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Rafah Palestina memiliki luas 64 km persegi dan ketika Israel menyerang Gaza selama empat bulan terakhir, semakin banyak orang yang digiring ke sana oleh pasukan Israel yang terus menjanjikan keamanan, namun hal itu justru tidak pernah terwujud.

Sekitar 1,4 juta warga Palestina kini memadati Rafah akibat pemboman Israel yang tiada henti, yang telah menewaskan hampir 30.000 warga Palestina.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Ilustrasi Peta Wilayah Rafah (Doc: Al Jazeera)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Orang-orang berada dalam kelompok padat di ruang terbatas yang tidak dipenuhi puing-puing atau dibom oleh Israel. Kondisinya sangat buruk, dengan kekurangan bantuan kemanusiaan yang parah.

Lalu, Apa yang dimaksud dengan ‘operasi’ Israel?

Tel Aviv mengklaim empat brigade Hamas hadir di Rafah, menggunakan kehadiran mereka di sana untuk membenarkan serangan yang sedang berlangsung melalui udara serta rencana serangan darat.

Israel juga mengklaim rencana untuk mengevakuasi kota tersebut, ke tempat yang tidak jelas, yang katanya sedang dipersiapkan, sehingga membuat mereka yang berlindung di Rafah dilanda kebingungan.

Mengapa Mesir terlibat?

Karena warga sipil yang terjebak terdesak di perbatasan dengan Mesir, para analis mengatakan sepertinya Israel ingin mendorong mereka ke Sinai.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran atas keamanan dalam negeri Mesir dan kemungkinan lebih dari satu juta warga Palestina yang mengalami trauma terpaksa masuk ke wilayahnya.

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel ke kota Rafah, Palestina

Photo :
  • aljazeera.com

Mesir dilaporkan telah memindahkan 40 tank dan pengangkut personel lapis baja ke perbatasan Gaza untuk menghentikan potensi dampak serangan darat Israel.

Mesir telah memperingatkan bahwa setiap serangan darat Israel di Rafah akan memiliki konsekuensi yang menghancurkan dan bahwa tujuan Israel untuk memaksa warga Palestina keluar dari tanah mereka akan mengancam perjanjian perdamaian Camp David, yang telah berusia 40 tahun antara kedua negara.

Kairo juga telah meningkatkan keamanan perbatasan sejak 7 Oktober.

Mengapa warga Palestina tidak mau meninggalkan Gaza?

Warga Palestina telah menghadapi pengungsian massal dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pada tahun 1948, sekitar 750.000 warga Palestina diusir dari rumah dan tanah mereka secara etnis untuk membuka jalan bagi berdirinya negara Israel.

Banyak warga Gaza yang merupakan keturunan pengungsi Nakba dan tidak ingin meninggalkan Palestina karena mereka tahu mustahil untuk kembali karena Israel tidak akan membiarkan mereka kembali.

Negara-negara Arab, seperti Mesir, juga menolak adanya pengungsian karena hak untuk kembali ke Palestina telah menjadi tuntutan utama sejak tahun 1948.

Jadi, apakah aman di Rafah untuk saat ini? Jawabannya "TIDAK."

Israel telah membunuh lebih dari 100 orang setiap hari dalam serangan udara di Rafah.

Mereka yang selamat dari serangan tersebut hidup dalam kondisi yang sangat buruk, yaitu di tenda-tenda yang selalu terisi air setiap kali hujan, atau di bawah puing-puing apa pun yang mereka temukan untuk berlindung.

Banyak warga Palestina di Rafah yang telah berkali-kali mengungsi dan mengatakan mereka tidak akan pindah lagi, apa pun yang terjadi.

Seperti Jihan al-Hawajri yang mengatakan bahwa dia akan tetap tinggal di tendanya, apa pun yang terjadi.

“Tidak ada tempat lagi untuk melarikan diri,” kata Angelita Caredda, direktur Dewan Pengungsi Norwegia untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

Lalu, bagaimana kondisi di Rafah sekarang?

Melansir dari Al Jazeera, Selasa, 13 Februari 2024, citra satelit yang diperoleh Al Jazeera menunjukkan suatu wilayah sudah berada pada titik puncaknya. Sekitar 22.000 orang memadati kawasan Rafah yang memiliki luas 64 km persegi.

Sebelum perang, 275.000 orang tinggal di wilayah seluas 64 km persegi tersebut, menjadikan Rafah salah satu wilayah Gaza yang paling padat penduduknya, dan merupakan salah satu wilayah yang paling padat penduduknya di dunia.

Massa yang mengungsi masuk ke fasilitas UNRWA, berharap badan yang dibentuk PBB itu dapat membantu mereka. Namun, hampir 150 staf UNRWA tewas dalam serangan Israel, bantuan dihentikan oleh Israel, dan pemerintah Barat menarik dana bantuan ketika Israel menuduh tanpa bukti bahwa 12 staf UNRWA ikut serta dalam serangan 7 Oktober di wilayah perbatasan Israel.

Kepadatan penduduk telah mengakibatkan penyebaran penyakit, dan pejabat kesehatan melaporkan wabah hepatitis A, yang berkembang biak jika terjadi kontak dekat.

Karena tidak mungkinnya mengisolasi pasien, kecil sekali harapan untuk menghentikan wabah ini atau penyakit lain, seperti kudis dan kutu, yang diperburuk oleh kurangnya kamar mandi atau toilet yang higienis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya