AS Capai Rekor Tertinggi Kematian Akibat Overdosis Narkoba Capai 109 Ribu Jiwa

ilustrasi overdosis
Sumber :

Washington Kematian akibat overdosis obat-obatan di Amerika Serikat (AS), capai relor tertinggi dengan melampaui 109.000 pada tahun 2022.

Perintah Kepala BNN ke Anak Buah saat Kerja Cegah dan Berantas Narkoba

Angka tersebut hampir 70 persen dari kematian yang disebabkan oleh opioid sintetik selain metadon dan sebagian esar dari fentanil yang diproduksi secara ilegal, menurut data yang dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada hari Kamis, 15 Februari 2024.

"Dari Januari-Juni 2020 hingga Juli-Desember 2022, persentase kematian akibat overdosis di Amerika Serikat yang meningkat sebesar 73,7 persen," kata CDC, dikutip dari The Sundaily, Jumat, 16 Fenruari 2024.

Profil Rio Reifan, Artis Sinetron yang Hobi Keluar Masuk Penjara Gegara Narkoba

Ilustrasi narkoba.

Photo :
  • Freepik

Lebih lanjut, CDC mengungkapkan bahwa mmperkuat dan memperluas layanan kesehatan masyarakat dan pengurangan dampak buruk untuk mengatasi risiko overdosis dengan merokok dan cara non-suntik lainnya dapat mengurangi kematian.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Sebagai informasi, peredaran narkoba di AS begitu maraknya. Banyak orang dengan santainya bertransaksi narkoba di Negeri Paman Sam itu.

Selain itu, di kawasan AS tepatnya di Kensington, banyak orang mengonsumsi heroin di berbagai tempat, dari mulai abandominium (istilah untuk kawasan yang tidak terurus dan populasinya rendah) hingga di tempat-tempat umum di kota.

Ilustrasi narkoba.

Photo :
  • dok. Pixabay

Tidak sulit bagi pihak polisi untuk mendapati para pengguna heroin. Ditengarai, peredaran heroin ini banyak disuplai oleh gangster di sebuah kawasan yang dipadati imigran terutama hispanik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya