Aturan Baru Taliban Untuk Pejabat: Tak Boleh Potret Makhluk Hidup Karena tak Sesuai Syariat Islam

Pejuang taliban.
Sumber :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi.

Afghanistan – Pihak berwenang di provinsi Kandahar, Afghanistan yang mana adalah tempat kelahiran Taliban, memerintahkan para pejabat negara untuk tidak mengambil gambar atau video “makhluk hidup.” 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada pejabat sipil dan militer, departemen dalam negeri provinsi tersebut mengarahkan mereka "untuk menahan diri dari mengambil gambar makhluk hidup dalam pertemuan formal dan informal, karena hal itu lebih banyak menimbulkan kerugian daripada manfaat" dan "harus sesuai syariat Islam". 

VIVA Militer: Kelompok milisi Taliban

Photo :
  • New York Times
Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Dikatakan bahwa konten teks atau audio tentang aktivitas pejabat masih diperbolehkan. 

Arahan tersebut, yang dikonfirmasi kebenarannya oleh juru bicara gubernur Kandahar, menetapkan bahwa instruksi ini hanya berlaku untuk pejabat provinsi dan tidak untuk masyarakat umum atau media independen, melansir WION, Jumat, 24 Februari 2024. 

Indonesia Becomes the World's Most Positive Country

Ini bukan larangan pertama kalinya oleh Taliban. Sebelumnya, larangan televisi dan gambar makhluk hidup juga diberlakikan pada tahun 1996 hingga 2001.

Sejak Taliban kembali berkuasa  tahun lalu, berbagai organisasi media secara sukarela menahan diri untuk tidak menampilkan gambar manusia dan hewan, untuk mencari 'jalur aman'.

Taliban mengambil alih kekuasaan hampir tanpa tantangan setelah penarikan pasukan pimpinan AS dari negara itu pada Agustus 2021. Rezim tersebut belum menerima pengakuan internasional, kecuali dari China.

Taliban Afghanistan resmi melarang perempuan untuk mengenyam pendidikan di tingkat universitas.

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla.

Ini bukan peraturan pertama yang menurut mereka harus sesuai dengan syariat Islam. Hanya sebulan setelah kembali berkuasa, Taliban melarang anak perempuan mengikuti pendidikan menengah pada September 2021. 

Pada 21 Desember 2022, Taliban melarang perempuan masuk universitas. Pada Januari 2023 keputusan Taliban di provinsi Balkh melarang dokter laki-laki merawat pasien perempuan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya