Presiden Pakistan Menolak Terima Gaji Selama Menjabat, Ini Alasannya

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari (Doc: NDTV)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

IslamabadPresiden Pakistan yang baru terpilih, Asif Ali Zardari pada Selasa, 12 Maret 2024, mengumumkan bahwa ia tidak akan menerima gaji apa pun selama masa jabatannya.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upayanya untuk membantu negara yang kekurangan uang dan menghadapi kesulitan ekonomi yang menantang.

Zardari, yang dilantik sebagai Presiden Pakistan ke-14, pada hari Minggu, 10 Maret 2024, memutuskan untuk mendorong pengelolaan keuangan yang bijaksana dan tidak membebani keuangan nasional, menurut Partai Rakyat Pakistan (PPP) yang dipimpinnya dalam sebuah pernyataan di X.

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Bendera Pakistan.

Photo :
  • Antara FOTO.

“Presiden memandang penting untuk tidak membebani keuangan negara dan lebih memilih untuk tidak menerima gaji,” kata Sayap Pers Sekretariat Presiden dalam siaran persnya, pada hari Selasa.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Zardari adalah salah satu politisi terkaya di Pakistan.

Zardari, salah satu ketua PPP, mengambil sumpah sebagai Presiden Pakistan untuk masa jabatan kedua pada sebuah upacara di Aiwan-i-Sadr di Islamabad pada hari Minggu.

Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri Mohsin Naqvi, mengikuti langkah Zardari, yang juga memutuskan untuk melepaskan gajinya selama menjabat, dengan alasan tantangan ekonomi yang dihadapi negara.

Naqvi mengatakan bahwa dia berkomitmen untuk melayani bangsa di masa-masa sulit dengan segala cara. Dia telah memutuskan untuk melepaskan gajinya selama masa jabatannya.

“Di masa-masa yang penuh tantangan ini, saya berkomitmen untuk mendukung dan melayani bangsa kita dengan segala cara,” ujarnya dalam postingan X, dikutip dari NDTV, Rabu, 13 Maret 2024.

Pakistan yang dilanda utang telah terhuyung-huyung di bawah tekanan ekonomi dengan harga komoditas yang menyentuh harga setinggi langit.

Pemerintahan yang baru terpilih membutuhkan pinjaman baru dari Dana Moneter Internasional (IMF) dalam keadaan mendesak, dan para politisinya, yang sangat kaya, menggunakan taktik tersebut untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat miskin.

Pada bulan Februari tahun lalu, Kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri saat itu, Shehbaz Sharif, menyerahkan gaji dan tunjangan lainnya untuk membantu negara tersebut mengatasi kemungkinan gagal bayar kewajiban eksternal.

Berbicara pada rapat kabinet perdananya setelah melantik 19 anggota pada hari Senin, 11 Maret 2024, Perdana Menteri Sharif mengatakan bahwa ujian pertama bagi pemerintahan baru yang kekurangan uang di negara, yang baru terpilih ini adalah mengendalikan inflasi dan harga bahan pangan.

Sharif, yang terpilih untuk masa jabatan kedua pada hari Minggu, mengatakan bahwa mengendalikan inflasi adalah tantangan terbesar, namun pemerintah bersama dengan pemerintah provinsi akan mempertimbangkan cara bagaimana mengelola harga kebutuhan pokok.

“Ini tes pertama kami,” katanya.

Sharif juga membeberkan bahwa Pakistan menghadapi tantangan besar dan operasi mendalam, yang diperlukan untuk mengeluarkan negara yang kekurangan uang itu dari krisis ekonomi.

Dengan mempertimbangkan permasalahan yang mempengaruhi perekonomian dan negara, perdana menteri meminta anggota kabinetnya untuk memilih berhasil atau binasa, dengan mengatakan bahwa sekarang adalah waktunya.

"Sekarang atau tidak sama sekali".

ilustrasi gaji yang diterima

Photo :
  • vstory

Sharif mengatakan pemerintah harus mengambil keputusan sulit tanpa membuang waktu.

“Pembedahan mendalam diperlukan karena antibiotik tidak akan bekerja,” katanya.

Dia mengarahkan segera pembentukan komite untuk mengendalikan harga bahan makanan pokok.

Dia menekankan bahwa tindakan tegas akan diambil terhadap kenaikan harga yang tidak wajar dan pengambilan keuntungan pada komoditas penting.

Menanggapi rekomendasi Kementerian Perdagangan, Kabinet juga menyetujui pembatasan ekspor bawang merah dan pisang hingga 15 April mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya