Sosok Nikolay Kharitonov, Politikus Partai Komunis yang Jadi Lawan Putin di Pilpres Rusia 2024

Lawan Putin dalam pilpres Rusia 2024, Nikolay Kharitonov
Sumber :
  • AP News

Rusia – Rusia akan segera melaksanakan pemilihan presiden pada Jumat, 15 hingga Minggu 17 Maret 2024. Komisi pemilu nasional Rusia telah mendaftarkan kandidat Partai Komunis untuk bersaing dengan Presiden Vladimir Putin dalam kali ini.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Nikolay Kharitonov dari Partai Komunis bergabung dengan dua kandidat lainnya yang disetujui dalam pemungutan suara Rusia, yang untuk pertama kalinya diadakan lebih dari satu hari. Kharitonov, anggota majelis rendah parlemen, menentang beberapa kebijakan dalam negeri Putin tetapi tidak menentang operasi militer Rusia di Ukraina, melansir AP News, Kamis, 14 Maret 2024.

Meskipun kandidat Partai Komunis biasanya mendapat perolehan suara tertinggi kedua, Kharitonov tidak memberikan tantangan yang signifikan bagi Putin.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Calon kandidat presiden Rusia yang akan melawan Putin, Nikolai Kharitonov

Photo :
  • CTV News

Memiliki nama lengkap Nikolay Mikhailovich Kharitonov, ia menjabat di Duma Negara sejak 1994, dan sebagai Ketua Komite Pembangunan kawasan Timur Jauh dan Arktik sejak 2011.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Ini adalah kampanye presiden kedua Nikolay Kharitonov. Dia sebelumnya gagal mencalonkan diri sebagai Presiden Rusia dari Partai Komunis pada pemilu 2004, di mana dia menempati posisi ke-2, menerima 13,8% suara.

Pada usia 75 tahun, Kharitonov menjadi calon presiden Rusia tertua dalam sejarah, memecahkan rekor Vladimir Zhirinovsky yang berusia 71 tahun pada pemilu 2018. Jika terpilih, Kharitonov akan menjadi presiden tertua Rusia dalam sejarah, dan pada akhir masa jabatan presidennya (pada tahun 2030) ia akan menjadi salah satu pemimpin dunia tertua.

Tak lama setelah pencalonannya, Kharitonov menyatakan bahwa dia tidak akan mengkritik presiden saat ini dan calon kandidatnya Vladimir Putin selama kampanye pemilu.

Pencalonan Nikolay Kharitonov untuk pencalonan presiden dari Partai Komunis diusulkan pada 22 Desember 2023, dalam rapat pleno Komite Sentral partai tersebut. Selain dia, partai cabang regional juga mengusulkan pemimpin partai Gennady Zyuganov, Gubernur Oblast Oryol Andrey Klychkov dan mantan Gubernur Oblast Irkutsk Sergey Levchenko.

Pada Kongres Partai Komunis yang diadakan pada 23 Desember 2023, Kharitonov menjadi satu-satunya calon presiden. 175 dari 188 delegasi kongres memilih pencalonannya dan 6 delegasi memberikan suara menentang.

Sebuah lembaga jajak pendapat di negara bagian tersebut mengatakan pada bulan Februari bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa sekitar 4% warga Rusia siap memilihnya.

Dalam platform kampanyenya, Kharitonov mengadvokasi penurunan usia pensiun, menaikkan pembayaran pensiun, dan meningkatkan dukungan bagi keluarga besar, dengan mengandalkan pemilih lanjut usia yang secara tradisional mendukung Partai Komunis.

Lawan Putin dalam pilpres Rusia 2024, Nikolay Kharitonov

Photo :
  • AP News

Ia juga menyarankan penerapan sistem pajak progresif serta mengakhiri keanggotaan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Dana Moneter Internasional (IMF,) dan organisasi internasional lainnya yang ia yakini “merusak kedaulatan ekonomi Rusia.”

Kharitonov mendukung apa yang Putin sebut sebagai operasi militer khusus Rusia di Ukraina, namun di masa lalu ia menentang beberapa kebijakan dalam negeri partai Rusia Bersatu yang pro-Putin. Dia mendapat dukungan dari Gennady Zyuganov, pemimpin veteran Partai Komunis berusia 79 tahun, yang juga memiliki banyak pengikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya