Donald Trump: Sudah Saatnya Israel Hentikan Perang Mereka di Gaza

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump
Sumber :
  • nbcnews.com

AS – Donald Trump, mantan presiden Amerika Serikat ke-45 dan kandidat Partai Republik untuk calon presiden dalam pemilu AS bulan November mendatang, telah memperingatkan Israel bahwa mereka kehilangan dukungan internasional dan harus segera “menyelesaikan” perangnya di Gaza.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Trump mengatakan bahwa meskipun dia akan bereaksi dengan cara yang sama seperti Israel setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menewaskan lebih dari 1.000 orang dan lebih dari 200 orang disandera, ini adalah waktu yang tepat untuk Israel mengakhiri konflik tersebut.

 “Kalian harus menyelesaikan perang yang kalian buat,” kata Trump kepada Israel Hayom dalam sebuah wawancara yang menurut surat kabar sayap kanan itu pada akhir pekan. “Kamu harus menyelesaikannya, kamu harus menyelesaikannya,” lanjutnya, melansir Al Jazeera, Rabu, 27 Maret 2024.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

VIVA Militer: Pengungsi Gaza di depan puing masjid di Deir al-Balah

Photo :
  • aljazeera.com

Komentar Trump dipublikasikan setelah Dewan Keamanan PBB memutuskan untuk segera melakukan gencatan senjata di Gaza. Keputusan tersebut disahkan setelah Washington memilih abstain dan tidak menggunakan hak vetonya.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Israel menyatakan akan melanjutkan serangannya sampai Hamas hancur dan tawanan lainnya dibebaskan, dan ingin menyerang kota Rafah di Gaza selatan, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mengungsi. Rencana tersebut telah menimbulkan kekhawatiran AS.

“Israel harus sangat berhati-hati, karena kalian kehilangan banyak wilayah di dunia, kalian kehilangan banyak dukungan,” kata Trump saat wawancara.

Trump sering menyebut dirinya sebagai pendukung Israel, merujuk pada keputusannya untuk memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem dan peran pemerintahannya dalam menengahi Perjanjian Abraham tahun 2020, yang menjadikan negara-negara Arab termasuk Uni Emirat Arab dan Bahrain menormalisasi hubungan dengan Israel.

Seperti diketahui, Lebih dari 32.000 warga Palestina telah terbunuh di Gaza sejak Israel mulai membombardir wilayah tersebut hampir enam bulan lalu, tepatnya pada 7 Oktober 2023, yang mendapat kecaman internasional dan aksi boikot serta dukungan dari kelompok militer Timur Tengah lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya