Finlandia Kirim Paket Bantuan Militer Baru ke Ukraina

VIVA Militer: Serangan artileri roket militer Rusia di Ukraina
Sumber :
  • 19fortyfive.com

VIVA – Pada 3 April 2024, Kementerian Pertahanan Finlandia mengumumkan paket dukungan militer baru senilai 188 juta euro, yang merupakan pengiriman peralatan pertahanan ke-23 sejak awal konflik, dikutip dari Army Recognition. Meskipun demikian, pemerintah Finlandia tetap berhati-hati dalam menangani rincian bantuan baru ini, sesuai dengan kebijakan biasa.

Pertamina Group Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Lahar Dingin dan Tanah Longsor di Sumbar

VIVA Militer: Serangan mortir militer Rusia

Photo :
  • cnn.com

Menteri Pertahanan Antti Häkkänen menekankan pentingnya hasil perang agresi Rusia, tidak hanya untuk Ukraina tetapi juga untuk keamanan Finlandia dan seluruh negara Eropa. Dia mengatakan Finlandia, dalam koordinasi dengan sekutu dan mitranya, akan terus mendukung Ukraina di masa-masa serius secara historis ini. 

Ukraina Tolak 100 Tank Leopard Eks Jerman: Tak Bisa Menembak-Rem Blong

Perkiraan biaya untuk mengganti kemampuan yang disediakan dalam paket terbaru ini adalah sekitar 188 juta euro, sehingga total nilai peralatan pertahanan yang dikirim ke Ukraina menjadi hampir 2 miliar euro. Namun, Finlandia tetap dengan sengaja menutup-nutupi tentang detail spesifik peralatan yang dikirim, dengan alasan operasional dan kebutuhan untuk memastikan bantuan mencapai tujuannya dengan aman.

Sebagai bagian dari dukungan sebelumnya untuk Ukraina, Finlandia telah memberikan bantuan besar, termasuk 1.500 senjata anti-tank, 2.500 senapan serbu, 150.000 butir amunisi, dan yang terbaru, pengumuman pengiriman tiga tank pembersihan ranjau Leopard 2R, menambah tiga tank yang sebelumnya dikirim. Kontribusi ini juga termasuk artileri, pengangkut personel lapis baja SISU XA-180, serta sistem pertahanan udara.

Militer Iran Selidiki Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi, Ini Temuannya

Pada bulan Maret 2024, Perdana Menteri Finlandia, Petteri Orpo, mengungkapkan ketertarikan Finlandia untuk bergabung dalam inisiatif pengadaan amunisi artileri utama yang dipimpin oleh Republik Ceko. 

Dalam pidato di Parlemen Eropa di Strasbourg, Orpo menyatakan bahwa Finlandia secara serius mempertimbangkan untuk ikut serta dalam kesepakatan pembelian senilai miliaran euro untuk 800.000 peluru artileri. Orpo menegaskan kesiapannya untuk segera memutuskan partisipasi Finlandia dalam upaya multinasional ini.

Komitmen baru Finlandia ini tidak hanya mencerminkan pendirian kuat negara tersebut dalam mendukung kedaulatan Ukraina, tetapi juga menguatkan dukungan internasional yang semakin berkembang untuk Ukraina, yang pada gilirannya menguatkan kembali keanggotaan Finlandia di NATO yang baru-baru ini bergabung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya