Militer Iran Selidiki Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi, Ini Temuannya

VIVA Militer: Bangkai helikopter Bell 212 yang ditumpangi Presien Iran
Sumber :
  • independent.co.uk

VIVA – Militer Iran menyelidiki tragedi kecelakaan helikopter yang menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi dan tujuh orang lainnya.

Dankodiklatal dan Panglima Armada Barat Tentara Laut Malaysia Buka Patkor Malindo di Selat Malaka

Berdasarkan laporan dari Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran, helikopter yang ditumpangi Raisi dan rombongannya terbakar setelah menghantam dataran yang tinggi.

Penampakan Helikopter Presiden Iran Alami Kecelakaan

Photo :
  • (Ali Hamed Haghdoust/IRNA melalui AP)
TNI Berduka, Kolonel Saryanto Meninggal Dunia di Kepulauan Anambas

Dalam laporannya yang dilansir dari kantor berita resmi IRNA, Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran tidak menemukan jejak lubang peluru di antara reruntuhan helikopter.

Begitupun pada rute yang telah direncanakan sebelumnya, helikopter Raisi telah terbang pada rute yang benar dan tidak meninggalkan jalur penerbangan.

Ternyata Mata-mata Rusia, Remaja 19 Tahun Diringkus Pasukan Intelijen Ukraina

Adapun komunikasi terakhir antara helikopter Raisi dan rombongan helikopter lainnya direkam satu setengah menit sebelum kecelakaan.

“Tidak ada sesuatu yang mencurigakan yang diamati selama komunikasi antara menara pengawas dan awak pesawat,” tulis pernyataan dari Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran.

Meskipun penyataan mengenai kecelakaan Raisi tidak menyebutkan siapa yang bersalah, namun rincian lebih lanjut dan penyebab pastinya masih diselidiki, sebab akan dibutuhkan waktu lebih lama.

Helikopter Berusia Tua

Melansir dari Al Jazeera, Amerika Serikat diduga ikut andil dalam kecelakaan tersebut, helikopter buatan AS berjenis Bell 212 yang dinaiki Presiden Iran Ebrahim Raisi dan rombongan sudah berusia tua, helikopter itu sudah beroperasi sejak 1960-an.

Hal ini karena konflik yang terjadi antara Amerika Serikat dengan Iran, di mana Amerika Serikat memberikan sanksi kepada Iran terkait program nuklir dan dukungan poros perlawanan

Sanksi terhadap Iran sejak tahun 1979 itu membuat Amerika Serikat melarang impor pesawat baru termasuk untuk memperoleh suku cadangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya