Gempa 7,1 SR, Jepang Perluas Evakuasi Warga

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News

VIVAnews - Hari ini Jepang kembali diguncang gempa. Jika sebelumnya, 11 Maret 2011 gempa menguncang dengan kekuatan 9 SR, kali ini lebih rendah yakni 7,1 SR. Meski begitu, gempa itu tetap menguncang warga, sebab diramalkan akan menimbulkan tsunami sebagaimana gempa sebelumnya.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Ancaman tsunami dan guncangan lindu itu dicemaskan bakal memperparah kerusakan pada sejumlah reaktor nuklir yang hingga kini sulit diperbaiki pemerintah. Itu sebabnya pemerintah memperluas radius evakuasi warga.

Sekretaris Kabinet, Yukio Edano menuturkan, evakuasi diperluas karena desa maupun kota yang berjarak 20 kilometer (12 mil) dari reaktor dinyatakan sudah tidak aman. "Semua penduduk harus keluar di atas zona 30 km," katanya seperti dilansir laman Associated Press.

Edano menambahkan, keputusan itu diambil berdasarkan analisis data dan informasi akumulasi radiasi. "Langkah diperluasnya evakuasi ini bisa berlangsung lama, setengah tahun hingga satu tahun ke depan. Sebab, kami harus menjamin keselamatan warga dari resiko tinggal di dekat zona reaktor," ujarnya.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Sementara itu, penduduk desa Iitate, yang terletak 40 km dari reaktor Daiichi Fukushima telah diberitahu agar mempersiapkan diri untuk dievakuasi . Sebab meski kadar radiasi diwilayah itu sangat rendah, terus-terusan terpapar radiasi itu sangat berbahaya.

Bahkan, The International Atomic Energy Agency menganjurkan agar Jepang memperluas zona evakuasi yaitu di luar radius 80 km dari reaktor.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Mobil Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan ke Tembok Mal oleh Anak Kecil

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara terkait video viral di media sosial yang menunjukkan seorang anak kecil menabrakkan mobil listrik Omoda E5 ke tembok di mall.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024