Aktivis Masuk dengan Pesawat, Israel Siaga

Polisi berjaga di bandara Ben-Gurion, Tel Aviv, Israel.
Sumber :
  • AP Photo/Ariel Schalit

VIVAnews - Ratusan aktivis pro-Palestina dilaporkan hari ini akan tiba di Israel melalui pesawat untuk misi solidaritas. Menanggapi hal ini, puluhan polisi Israel telah bersiaga di bandara internasional Ben-Gurion, Tel Aviv.

Menurut stasiun berita Voice of America, 7 Juli 2011, sebanyak 600 orang aktivis dari seluruh Eropa yang tergabung dalam kampanye "Selamat Datang ke Palestina" akan menunjukkan dukungan mereka terhadap warga Palestina.

61 Killed Over Heatwave in Thailand so far This Year

Penyelenggara mengatakan mereka tidak akan melakukan demonstrasi di bandara Israel, melainkan hanya akan tinggal selama satu minggu di Tepi Barat bersama para warga Palestina. Ini adalah bentuk solidaritas mereka pada warga di daerah pendudukan Israel.

Pemerintah Israel menanggapinya berbeda. Puluhan petugas keamanan bandara dan polisi siap menyambut mereka dengan pentungan. Mereka mengatakan para aktivis yang datang dari udara ini akan menyebabkan kekacauan di Israel.

"Kami telah bersiap untuk bertindak cepat demi mencegah tindakan provokatif di bandara. Israel memang memperbolehkan warga asing datang ke negara ini, namun tidak akan membiarkan orang-orang yang dicurigai akan mengganggu keamanan masuk," ujar juru bicara kepolisian Israel, Micky Rosenfeld, dilansir dari laman CNN.

Tuduhan ini dibantah oleh salah seorang penyelenggara, Olivia Zemor. Ketua panitia delegasi aktivis dari Prancis ini mengatakan mereka tidak berniat untuk mengacau. "Saya tidak tahu siapa yang mengarang cerita itu. Kami hanya datang untuk berkunjung ke Tepi Barat dan menunjukkan solidaritas kepada warga Palestina," ujarnya.

Zemor mengatakan Israel tidak berhak melarang mereka memasuki negaranya. Jika dikasari atau ditindak dengan tidak sesuai hukum, mereka akan melawan. "Jika mereka melarang kami tanpa alasan yang jelas, kami menolaknya," ujar Zemor. (ren)

Ini Peran dan Kontribusi Bea Cukai Terhadap Penerimaan Negara dan Pengawasan Perdagangan
Komentar lucu netizen di postingan pernikahan Mahalini dan Rizky Febian

Deretan Komen Kocak di Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini

Rizky Febian dan Mahalini tak henti jadi sorotan. Bahkan, selain mendapatkan banyak doa, banyak pula netizen menuliskan komentar kocaknya untuk pernikahan mereka.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024