China Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Menteri Luar Negeri China, Yang Jiechi
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVAnews - Pemerintah China menyatakan dukungan penuhnya atas upaya Palestina memperoleh keanggotaan penuh di PBB. China juga mendukung perundingan damai untuk menyukseskan solusi dua negara.

Dukungan ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi, pada pidatonya di sesi debat umum Sidang Majelis Umum PBB ke 66 di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Senin 26 September 2011. Upaya Palestina di PBB, ujar Yang, sesuai dengan inti dari solusi dua negara, yaitu Israel dan Palestina berdiri sendiri-sendiri sebagai negara yang berdaulat.

"China secara konsisten mendukung pembentukan negara Palestina merdeka dan mendukung keanggotaan Palestina di PBB," kata Yang, dilansir dari laman China Economic.

"Kami juga mendukung upaya mencapai solusi dua negara melalui negosiasi politik, berdasarkan perbatasan tahun 1967. Negara Palestina merdeka akan menikmati kedaulatan mereka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya," lanjut Yang lagi.

Dalam pidatonya, Yang mengatakan selain perundingan antara kedua negara, perundingan juga perlu dilakukan antara Israel dengan Suriah dan Lebanon. Hal ini, lanjut Yang, demi menciptakan perdamaian yang berkesinambungan dan merata di Timur Tengah.

"Kami berharap komunitas internasional dan berbagai pihak yang peduli dapat menyatukan upaya mereka untuk menyelesaikan proses perdamaian di Timur Tengah ini," kata Yang.

Upaya keanggotaan di PBB oleh Palestina didukung oleh mayoritas negara anggota, termasuk China. Peninjau tetap pemerintah Palestina di PBB, Riyad Mansour, mengatakan saat ini sudah ada 139 dari 193 negara PBB yang mendukung dan mengakui kedaulatan Palestina.

Kendati demikian, usaha Palestina untuk jadi anggota PBB akan sia-sia jika Amerika Serikat melayangkan veto di Dewan Keamanan PBB. Saat ini, proposal keanggotaan tengah dirundingkan di komite penerimaan PBB. Rencananya, Rabu waktu setempat akan dirundingkan lagi di Dewan Keamanan. (umi)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024