RI Usulkan Aljazair Bangun Masjid Bersama

Masjid Essalam
Sumber :

VIVAnews - Duta Besar baru Indonesia untuk Aljazair, Ahmad Niam Salim, punya pendekatan baru untuk mempererat hubungan kedua negara. Ini bisa disimbolkan lewat pembangunan tempat ibadah.

Bruno Fernandes ke Barcelona, De Jong ke Manchester United

Siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia di Alger mengungkapkan, saat bertemu dengan Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika, Niam menyampaikan rencana untuk membangun masjid persahabatan di Aljazair sebagai simbol hubungan yang kuat dan bersahabat antara kedua negara.

"Dalam kesempatan penyerahan letter of credential, saya sampaikan usul dan rencana soal pembangunan sebuah mesjid sebagai simbol persahabatan Indonesia-Aljazair. Rupanya usul ini disambut sangat gembira oleh presiden dan dinyatakan sebagai usul orisinil dan genuine," kata Niam di depan staf KBRI Alger, Kamis malam, 9 Februari 2012.

Menurut Niam, konsep pembangunan masjid persahabatan kedua bangsa ini akan dilengkapi dengan tempat pelatihan dan pendidikan berbagai hal yang melibatkan kedua warga bangsa. Hal ini dimaksudkan agar kedua warga bangsa bisa saling bertukar ilmu dan pengetahuan sehingga hubungan kedua negara ini juga dirasakan secara lebih riil oleh masyarakatnya.

Nanti komplek pembangunan masjid ini akan dilengkapi dengan perpustakaan dan pusat pelatihan teknis, dimana akan dapat dilakukan berbagai pelatihan utamanya di bidang pertanian, perikanan dan manajemen dan lain-lain," jelas Niam yang diterima Presiden Bouteflika selama hampir satu jam itu.

Dalam rangka merealisasikan pembangunan masjid persahabatan itu, Niam mengaku akan menunggu informasi dari kementerian dalam negeri Aljazair yang diminta khusus membahas dan mempersiapkan teknisnya.

Diharapkan, jika proses pembangunan ini cepat bisa diproses, peletakan batu pertamanya bisa dilakukan oleh pemimpin kedua negara.

"Dalam pertemuan saya dengan Presiden Bouteflika, beliau langsung meminta menteri dalam negeri untuk menindaklanjuti usul kami. Jadi posisi kami menunggu informasi lanjutan soal pembangunan masjid persahabatan ini," terang Niam.

KPAI Turun Tangan Bantu Anak Korban Curas Berdarah di Garut
Galangan kapal milik Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Sejak 20 Juli tahun 2023 lalu, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menyegel Galangan Kapal milik pimpinan ponpes Al Zaytun Panji Gumilang karena dinilai tak miliki izin.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024