Australia Beri Rp247 M Untuk HIV di Papua

HIV
Sumber :

VIVAnews - Australia memberikan bantuan sebesar A$25 juta (Rp247 miliar) untuk membantu Indonesia meningkatkan akses warga terhadap layanan HIV di Papua dan Papua Barat. Bantuan ini merupakan bagian dari Kemitraan HIV senilai A$100 juta antara Australia dan Indonesia periode 2008-2016.

Pemegang jabatan sementara Pimpinan AusAID Indonesia, Mat Kimberley, juga akan berkunjung ke Papua bersama Menteri Kesehatan RI, Dr Nafsiah Mboi, untuk melihat secara langsung bagaimana kemitraan kedua negara bermanfaat bagi kehidupan mereka yang hidup dengan HIV.

“Australia memiliki keprihatinan yang sama dengan Indonesia mengenai epidemi HIV di Papua dan Papua Barat, yang memiliki prevalensi HIV tertinggi di Indonesia," ungkap Kimberley dalam keterangan tertulis yang dikirim ke VIVAnews

Bantuan Australia ini, lanjut Kimberley, akan mendukung peningkatan akses terhadap layanan HIV dan meningkatkan jumlah orang yang menerima perawatan serta pengobatan yang dibutuhkan. "Program ini juga akan membantu masyarakat untuk melakukan tes dan pengobatan penyakit yang terkait, terutama tuberkulosis dan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual," kata Kimberley.

Selain itu, the Clinton Health Access Initiative (CHAI)--sebagai mitra pelaksana--akan bekerjasama dengan instansi pemerintah, termasuk pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat, untuk membantu mereka memimpin, mengelola serta mendanai respons terhadap HIV.

Pemerintah Australia, melalui program bantuannya, AusAID dan Pemerintah Indonesia telah lama melawan penyebaran HIV di Papua dan Papua Barat sejak 2004. Program baru Peningkatan Kualitas dan Akses terhadap Layanan Perawatan dan Pengobatan HIV (REACH) akan dibangun berdasarkan keberhasilan kemitraan yang sudah terjalin.

KPAI Turun Tangan Bantu Anak Korban Curas Berdarah di Garut
Gelandang Manchester united, Bruno Fernandes

Bruno Fernandes ke Barcelona, De Jong ke Manchester United

Manchester United dikabarkan telah menawarkan kapten mereka Bruno Fernandes dalam kesepakatan pertukaran yang menakjubkan di musim panas musim depan.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024