Baca "Bismillah", Bocah 10 Tahun di AS Dituduh Teroris

Transportasi umum di kota New York
Sumber :
  • Wikipedia/Ecklectic

VIVAnews - Islamofobia ternyata masih tumbuh subur di New York, Amerika Serikat. Hal ini dialami seorang bocah Muslim yang ditolak naik bus dan dituduh teroris, hanya karena membaca "Bismillah".

Detik-detik Menegangkan Wanita Terjepit hingga Jatuh ke Dalam Peron Stasiun UI

Diberitakan New York Post awal pekan ini, insiden yang dialami bocah berusia 10 tahun itu terjadi Oktober tahun lalu, dua hari sebelum ulang tahunnya yang ke-11. Saat itu dia hendak pulang sekolah dari Sheepshead Bay ke Brooklyn, naik bus B-39 pukul 2.45 sore.

Saat hendak naik, kartu busnya hilang. Dia kemudian membaca basmalah, "Bismillaahirrahmanirahim -dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang" dan menemukan kartunya.

Mendengar bocah itu berbicara bahasa Arab, sopir bus tiba-tiba meradang dan membanting pintu bus.

Anwar Fuady Ungkap Persiapan Pernikahannya di Usia 77 Tahun

"Sopir lalu mengatakan 'Pergi Kamu!!' dan menggunakan kata-T," kata pengacara keluarga tersebut Hyder Naqvi. Kata-T adalah sebutan untuk "teroris".

Akibat tindakan tersebut, bocah itu trauma dan tidak berani lagi naik transportasi umum. Belakangan, bocah ini marah dan mengadukannya kepada orangtuanya yang langsung mengajukan gugatan ke pengadilan.

"Dia memang masih muda, tapi cukup dewasa untuk tahu apa itu diskriminasi," kata Naqvi.

Bersama orangtuanya, bocah itu mengajukan gugatan sipil. Kasus ini juga telah ditindaklanjuti oleh Badan Transportasi Metropolitan (MTA) New York yang langsung menyambangi keluarga tersebut.

MTA membawakan beberapa foto supir untuk diidentifikasi. Kasus ini masih terus diselidiki. MTA belum bisa dimintai konfirmasi terkait hal ini. (umi)

Terlibat Narkoba Hingga Terlantarkan Keluarga, 3 Anggota Polisi di Tangerang Dipecat
Napoleon Bonaparte di acara Timnas Amin

Ini Alasan Napoleon Bonaparte Nongol di Acara Pembubaran Timnas Amin

Pembubaran Timnas AMIN itu dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 30 April 2024. Napoleon Bonaparte muncul di acara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024