Video Detik-detik Jatuhnya Pesawat Germanwings Diragukan

Puing pesawat Germanwings ditemukan
Sumber :
  • REUTERS/BFM via Reuters TV
VIVA.co.id
Asuransi Tuntut Nasabah Bayar Kerugian
- Jaksa penuntut Marseille, Prancis, Brice Robin, meragukan keaslian rekaman video detik-detik terakhir pesawat maskapai Germanwings yang ditulis di media Prancis dan Jerman. Robin mengatakan tidak mengetahui video macam apa yang dijelaskan oleh
Paris Match
Sebelum Tewas, Kopilot Germanwings Sempat Temui 41 Dokter
dan Bild
Prancis Buka Penyelidikan Terhadap Jatuhnya Germanwings
.

Laman Dailymail , Rabu, 1 April 2015 melansir pernyataan Robin yang menyebut video yang diambil dengan menggunakan ponsel itu tidak pernah ada. Sementara, seorang pejabat tinggi yangg terlibat dalam operasi pencarian, Letnan Kolonel Jean-Marc Menichini, membantah temuan tersebut. Menichini menyebut laporan semacam itu benar-benar keliru dan tidak dapat diandalkan.


Kendati diragukan,
Paris Match
tetap pada laporan awal mengenai kisah kontroversial itu.


Tidak ada dari kedua media tersebut yang ikut mengunggah video. Mereka hanya menjelaskan isi gambar benar-benar tidak jelas dan kacau.


"Seseorang yang memang memiliki video seperti itu harus secepatnya menyerahkan kepada tim penyidik," ujar Robin ke stasiun berita
CNN
.


Kedua media itu mengatakan reporter mereka ditunjukkan sebuah video yang ditemukan di dalam sebuah chip memori dari lokasi puing-puing pesawat di Pegunungan Alpen, Prancis. Kemungkinan besar kartu memori itu berasal dari ponsel di dalam pesawat.


Paris Match
menyebut potongan rekaman di dalam video itu betul ditemukan di antara puing-puing bangkai pesawat. Pemimpin redaksi
Bild
versi online, Julian Reichelt, yang telah menonton video itu menyebut isi video itu sangat mengganggu. Reichelt pun yakin jika video itu asli.


Menurut
Paris Match
, di dalam video itu terdengar suara "Oh Tuhan" dalam beberapa bahasa. Sebelumnya, tiga suara besi terdengar menggema keluar. Kemungkinan suara besi itu berasal dari pilot Germanwings yang berupaya mendobrak pintu ruang kokpit agar bisa masuk ke dalam.


Kedua petinggi media itu mengatakan, potongan video itu merekam pesawat yang terbang dalam keadaan tidak stabil, sebelum akhirnya teriakan itu terdengar terus menerus.


Menurut kedua media itu, para penumpang tahu keadaan yang mereka hadapi sebelum burung besi jenis Airbus A320 itu menabrak pegunungan. Video itu hanya berdurasi beberapa detik. Tidak diketahui dengan jelas siapa yang merekam adegan itu. Apakah kru kabin atau penumpang. 


Ahli penguji telepon seluler, Dirk Lorenz, menyebut bisa saja video itu asli.


"Sangat sulit bagi ponsel untuk bisa ditemukan utuh. Namun, jika kartu memori memiliki daya tahan lama. Bahkan, ketika ponsel hancur berkeping-keping, kartu memori bisa ditemukan dalam keadaan utuh.




![vivamore="
Baca Juga
:"]





[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya