Norwegia Takjub dengan Perkembangan Politik RI

Menteri Luar Negeri Norwegia, Borge Brende (kiri) bersama Menlu Retno LP Marsudi, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Senin, 30 Mei 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter: @borgebrende

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Norwegia, Borge Brende mengaku terperangah dengan perkembangan politik Indonesia yang dinilainya luar biasa. Ia juga mengaku Indonesia menjadi salah satu negara demokrasi dengan kekuatan politik dan ekonomi terbesar.

Selangkah Lagi, RI-Norwegia Bebas Visa Paspor Diplomatik

"Indonesia sudah sangat berbeda. Sebagai negara besar, Indonesia merupakan pemain kunci di kawasan Asia," kata Brende, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Senin, 30 Mei 2016.

Menurut Brende, tak hanya kondisi perpolitikan yang membaik, kepemimpinan Indonesia pun tetap konsisten. Dalam hal ini mengenai dalam menghadapi isu-isu hak-hak asasi manusia (HAM).

Tak Hanya HAM, RI Dorong Norwegia untuk Investasi

"Saya yakin dialog HAM ke-12 ini akan membawa ke tingkat selanjutnya. Jadi, hari ini kita akan menggabungkan kekuatan dalam pertemuan HAM dan bilateral kedua negara yang menunjukkan bahwa kita semakin memperdalam kerja sama," tuturnya.

Ia juga menambahkan, pertemuannya dengan Menlu Retno Marsudi juga membahas kerangka kerja dalam sektor lain selain hubungan bilateral dan HAM, yang tujuannya untuk membawa sumber daya terbaik dari Norwegia ke Indonesia guna memperkuat hubungan dua negara.

Menlu Norwegia Ungkap Kedekatannya dengan RI

Indonesia dan Norwegia melakukan Second Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC). Dalam kesempatan ini, Brende mengungkapkan rasa bangganya dengan dialog HAM ke-12 antarkedua negara.

Menteri Luar Negeri Norwegia, Borge Brende (kiri) bersama Menlu Retno LP Marsudi, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Senin, 30 Mei 2016.

Indonesia Jadi Radar Utama Pebisnis Norwegia

Dana cadangan minyak Norwegia diinvestasikan di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2016