Anak Buahnya Tewas Ditembak Kelompok John Kei, Nus Kei Bakal Diperiksa Polisi

Polda Metro Jaya merilis kasus motif penembakan pria yang merupakan anak buah Nus Kei di Bekasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Polisi berencana memanggil Nus Kei terkait kasus penembakan seorang pria bernama Gaspar buntut konflik antara kelompok John Kei dan Nus Kei di Bekasi, Jawa Barat. Gaspar diduga merupakan anak buah Nus Kei.

Preman Jagoan Kampung Ngamuk Ditagih Bayar Makan Bubur, Keluarin Celurit dan Rusak Gerobak

"Akan diperiksa," ujar Kepala Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Titus Yudho Uly kepada wartawan, Selasa 7 November 2023.

Namun, Yudho tak merinci kapan pemeriksaan terhadap Nus Kei bakal dilakukan. Pun, dia tak mengungkap apa yang mau digali dari Nus Kei. Dalam kasus tersebut, polisi saat ini sudah menetapkan 11 orang sebagai tersangka.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

John Kei (tengah) memperagakan reka ulang perencanaan penyerangan di Bekasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Sebelumnya, polisi mengungkap motif tewasnya Gaspar atau inisial GR di Jalan Titian Indah, Kali Baru, Medan Satria, Kota Bekasi. Gaspar meregang nyawa karena luka tembak.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi menjelaskan tewasnya Gaspar erat kaitannya dengan konflik dua kelompok yakni Nus Kei dan John Kei yang terjadi sejak September 2023.

"Hasil pemeriksaan kami, bahwa kasus ini sebenarnya bermotif konflik antar beberapa kelompok yang terjadi pada bulan September 2023 di Maluku," kata Hengki, Senin, 6 November 2023.

Hengki menyebut, Gaspar tewas karena ditembak oleh Felix Oliver yang merupakan anggota kelompok John Kei.

Dia menceritakan saat kejadian, ada rencana dari salah satu kelompok korban untuk melakukan penyerangan ke daerah Titian Murni, Bekasi. Enam orang pun turun untuk melakukan aksi penyerangan.

Polda Metro Jaya merilis kasus motif penembakan pria di Bekasi, Jabar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Namun, sebelum penyerangan berlangsung, ada salah satu anggota kelompok membocorkan informasi tersebut. Dengan bocornya informasi itu, kelompok rival sudah menunggu di Titian Murni Bekasi.

“Salah satunya korban atas nama Gaspar dengan mengeluarkan atau membawa senjata tajam ataupun parang senjata panjang," jelasnya. 

Hengki menyebut, saat Gaspar dan kelompoknya hendak turun untuk menyerang, justru dia yang jadi korban karena ditembak oleh tersangka Felix. Beberapa tembakan sempat di arahkan ke mobil yang dikendarai kelompok Gaspar.

"Sekali tidak kena, ini buktinya kena mobil ya. Kemudian ditembak kedua kali kena ke pelipis," ungkapnya.

Atas kejadian ini, polisi kemudian membentuk tim penyelidikan. Hasilnya, sebanyak 11 orang ditetapkan sebagai tersangka.

"Sembilan di antaranya saat ini sudah dilakukan pengamanan di rutan Polda Metro Jaya, masih ada dua DPO yang akan terus kami kejar, dan kami imbau untuk menyerahkan diri,” katanya.

Adapun Gaspar (44) ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala di Kavling Rawa Bambu Bulak, Jalan Melati 3, Kelurahan Kalibaru, Medan Satria, Kota Bekasi, Minggu malam, 29 Oktober 2023.

Kapolsek Medan Satria Kompol Nur Aqsha Nurdianto mengatakan, korban yang diketahui merupakan warga Jakarta Barat, ditemukan tewas pada pukul 19.00 WIB.

"Peristiwanya itu terjadi pukul 19.00 WIB kurang lebihnya, tapi masih kami dalami, Polres Metro Bekasi Kota dibantu Polda Metro Jaya," kata Aqsha dalam keterangannya, Senin 30 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya