3 KKB Pembakar Puskesmas di Ilaga Papua Dibekuk Satgas TNI-Polri, 1 DPO Tewas

Satgas Damai Cartenz melumpuhkan anggota KKB di Pegunungan Bintang, Papua
Sumber :
  • Aman Hasibuan - Dok Satgas Damai Cartenz

Papua – Tiga orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kepala Air pimpinan Jacky Murib berhasil dilumpuhkan aparat gabungan TNI-Polri di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Sabtu, 3 Februari 2024. Dua KKB berhasil ditangkap, satu lainnya tewas usai terlibat baku tembak dengan aparat.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Peristiwa ini bermula dari laporan masyarakat kepada aparat bahwa Puskesmas Omukia di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, telah menjadi sasaran pembakaran oleh kelompok KKB wilayah Kepala Air. Aparat gabungan TNI-Polri segera merespons dengan menuju Puskesmas Omukia untuk melakukan pengecekan.

Sekira Sabtu siang pukul 12.11 WIT, aparat TNI-Polri yang sedang melakukan patroli gabungan untuk merespons laporan warga, tiba-tiba ditembaki KKB pimpinan Jacky Murib. 

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

"Suara tembakan terdengar dari belakang Puskesmas Omukia, dan terjadi kontak tembak antara personel TNI-Polri dengan kelompok KKB wilayah Kepala Air," kata Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, Minggu, 4 Februari 2024

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024. AKBP Bayu Suseno

Photo :
  • Dok Polri
Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

"Dalam pengejaran yang dilakukan, aparat berhasil mengamankan satu anggota KKB yang merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Ilaga. “Warinus Murib, seorang anggota KKB, tewas dalam kejadian. Sedangkan dua orang lainnya, AM dan DK, diduga merupakan anggota KKB kelompok Numbuk Telenggen," tambah Nyoman.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024. AKBP Bayu Suseno memberikan rincian barang bukti yang berhasil diamankan oleh aparat selama pengejaran dan  melakukan penegakan hukum terhadap 3 anggota KKB di Ilaga, Papua Tengah. 

"Kami berhasil menangkap 3 KKB beserta barang buktinya antara lain 1 pucuk senjata api jenis mouser, 2 pucuk senapan angin, 1 lembar bendera BK, 1 buah handphone, 1 magazen jenis SS1 dan 17 butir amunusi kaliber 5,56. Perlu diketahui bahwa dari 3 KKB didapati 1 KKB dalam keadaan tewas, sedangkan 2 KKB lainnya dalam keadaan terluk,"ujar Bayu

Beberapa jam setelah kejadian, tepatnya pukul 20.15 WIT, KKB terpantau melakukan pembakaran gedung puskesmas di Erobaga.

Kepala Operasi Damai Cartenz (Ka Ops), Kombes Pol. Faizal Ramadhani, menegaskan komitmennya untuk terus mengejar KKB yang melakukan gangguan Kamtibmas, termasuk pembakaran puskesmas.

"Kami akan terus melakukan pengejaran terhadap KKB di Ilaga yang selama ini melakukan gangguan Kamtibmas berupa pembakaran puskesmas dan lain-lain. Apabila ada masyarakat yang memiliki informasi terkait KKB di Ilaga, jangan segan untuk memberi informasi kepada kami," tegas Faisal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya