Makam Warga Brebes Dibongkar, Diduga Kematiannya karena Penganiayaan

Petugas bongkar makam Fitrah Septia Ababil
Sumber :
  • istimewa/Tri Handoko

Brebes - Makam seorang warga bernama Fitrah Septia Ababil (19) di komplek Pesarean Sigambir, Kecamatan Brebes, Jawa Tengah, dibongkar petugas dari Tim Labfor Polda Jateng, Kamis sore kemarin. Kelurga curiga Ababil tewas karena dianiaya.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Awalnya jenazah Fitrah Septia dimakamkan langsung karena tewas akibat kecelakaan. Pihak keluarga saat itu tak menaruh curiga.

Namun, belakangan terungkap korban diduga tewas karena dianiaya. Dugaan dianiaya itu diketahui setelah rekan korban melaporkan kepada orang tua Ababil.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Proses pembongkaran makam dilakukan dengan pengangkatan jenazah untuk dilakukan autopsi oleh dokter forensik Polda Jateng, dr Dian SF.

Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Angga Surya Saputra, menjelaskan makam korban dibongkar setelah adanya permintaan dari orang tua korban yang curiga atas kematian sang anak.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Korban dilaporkan tewas karena kecelakaan di sekitar Kampung Kauman Brebes, pada Senin dini hari, 5 Febriari 2024. Pihak keluarga ketika itu memakamkan korban pada siang harinya.

"Kenapa korban dimakamkan oleh keluarga, karena sebelumnya berdasarkan keterangan rekan-rekan korban meninggal akibat kecelakaan," jelas Angga.

Petugas bongkar makam Fitrah Septia Ababil

Photo :
  • istimewa/Tri Handoko

Tapi, keluarga belakangan curiga korban tewas karena tindak penganiayaan. Informasi tersebut diperoleh dari rekan rekan korban yang disampaikan saat mengikuti tahlilan.

"Dari keterangan rekan-rekan korban yang dimintai keterangan polisi, kejadian sebenarnya adalah bukan kecelakaan. Tapi, karena adanya penganiayaan,"ujar Angga.

Atas laporan keluarga dan keterangan rekan-rekan korban, polisi kemudian mengamankan satu terduga pelaku YC (20). Terduga pelaku sekarang masih jalani pemeriksaan di ruang penyidik Satreskrim Polres Brebes.

"Terduga pelaku sudah kami amankan dan saat iniĀ  masih menjalani pemeriksaan intensif," kata Angga Saputra.

Terkait penyebab kematian korban, pihak kepolisian masih menunggu hasil dari tim forensik.

Informasi yang dihimpun, pihak keluarga mengetahui korban meninggal dunia pada Senin, 5 Februari 2024 sekira pukul 02.30 WIB.

Dua teman korban masing masing Agus (17) dan Chintya (20) datang ke orang tua korban untuk memberitahu bahwa Ababil berada di RS Dedi Jaya karena mengalami kecelakaan.

Orang tua korban, kemudian mendatangi rumah sakit dan mendapati anaknya sudah meninggal dunia.

Setelah itu jenazah dibawa ke rumah pada Senin pagi. Lalu, terduga pelaku YC mendatangi rumah orang tua korban dan menceritakan kronologi kejadian kecelakaan yang dialami Ababil.

YC kepada orang tua korban menceritakan Ababil jatuh ke belakang saat sedang membonceng sepeda motor di turunan jalan masuk daerah Kampung Kauman Brebes.

Lalu, beberapa waktu setelah jenazah dimakamkan, orang tua merasa janggal dengan meninggalnya korban. Dia pun mencari informasi dengan bertanya kepada dua teman korban, Agus dan Chintya.

Selanjutnya pada Selasa, 6 Februari 2024 malam, saat ada tahlilan di rumah korban, Agus dan Chintya menceritakan kejadian yang sebenarnya.

Kesaksian Agus dan Chintya itu mengatakan korban dianiaya oleh YC di halaman sekolah SDN Pasarbatang 05. Mengetahui kejadian tersebut, orang tua melaporkan ke polisi untuk ditindaklanjuti.

Laporan: Tri Handoko-tvOne, Brebes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya