Geng Motor yang Viral Serang Rumah Polisi di Bulukumba Diamankan, Pelaku Mayoritas Pelajar

Ilustrasi anggota geng motor ditangkap polisi.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Bulukumba - Komplotan geng motor yang berulah dengan menyerang rumah seorang polisi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil diamankan. Aksi meresahkan bandit jalanan itu viral di media sosial.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Seluruh pelaku sudah diamankan setelah sebagian besar dari mereka menyerahkan diri ke polisi.

Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suyono mengatakan, geng motor yang melakukan penyerangan berjumlah 12 orang. 10 pelaku di antaranya menyerahkan diri setelah dua rekan mereka ditangkap terlebih dulu.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

"Benar, total diamankan saat ini 12 orang. Terbaru diamankan 10 orang. 10 orang ini menyerahkan diri Jumat kemarin," kata AKBP Erma saat dikonfirmasi, pada Sabtu malam, 17 Maret 2024.

Dia mengatakan, para pelaku yang tergabung dalam geng motor Sama Rata ini tengah menjalani pemeriksaan. Menurutnya, dari pemeriksaan, pelaku mengaku emosi lantaran ada yang melempari rombongannya saat melintas di depan rumah anggota polisi tersebut.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

Para pelaku ini merespons dengan melempari pihak yang kebetulan berada di depan rumah polisi. Kondisi itu yang ikut membuat rumah polisi jadi sasaran para pelaku.

"Mereka tidak tahu kalau rumah yang dilempari itu milik polisi. Dan, posisinya orang yang lempari mereka kebetulan berada di depan rumah milik anggota polisi ini," ujar Erma.

Tangkapan layar video viral aksi geng motor serang rumah polisi di Bulukumba. (Istimewa).

Photo :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Erma mengungkap komplotan geng motor tersebut mayoritas merupakan warga pendatang dengan berstatus pelajar alias di bawah umur. Mereka rata-rata dari Kabupaten Bantaeng, Sulsel yang melakukan konvoi ke Bulukumba.

"Mereka rata-rata dari Bantaeng. DanĀ  masih di bawah umur. Jadi, kasus iniĀ  ditangani bersama oleh unit PPA Polres dan penyidik Polsek Ujung Bulu," katanya.

Adapun para pelaku saat ini masih jalani proses pemeriksaan lanjutan di Polsek Ujung Bulu Polres Bulukumba. Para pelaku masing-masing berinisial IR (15), YU (19), S (13), MA (15), YA (17), IK (15), N (16), D (15), Z (15), S (19), IR (18), dan T (17). "Nanti. Karena penyidik masih melakukan pemeriksaan lanjutan," ujarnya.

Sebelumnya, aksi penyerangan geng motor di salah satu kediaman anggota polisi di Jalan Yos Sudarso, Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, pada Minggu 10 Maret 2024. Aksi itu jadi heboh setelah warga setempat mengabadikan melalui rekaman video dan diviralkan di jejaring media sosial.

Dalam video beredar, geng motor yang terdiri laki-laki dan perempuan itu melintas jalan dengan konvol. Kemudian, mereka berhenti secara bersamaan dan melakukan pelemparan ke rumah anggota polisi itu.

Setelah melempari, komplotan geng motor itu selanjutnya meninggalkan lokasi dan berteriak, "Menyala Bosku".

Pihak kepolisian gerak cepat dengan langsung melakukan penyelidikan. Kemudian, diamankan terlebih dulu dua pelaku berinisial YU (19) dan IR (15). Lalu, berselang beberapa hari, sepuluh rekannya kemudian menyerahkan diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya