Rayakan Imlek, Umat Padati Vihara Dharma Bhakti di Glodok

Suasana Imlek di Vihara Dharma Bhakti, Glodok, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Vihara Dharma Bakti di Jalan Kemenangan III Petak Sembilan Nomor 13, Glodok, Jakarta Barat, dipadati umat yang akan melakukan ibadah. 

Harapan Jusuf Hamka di Imlek 2023: Tahun Politik Jangan Panas-panas

Menurut Pengurus Klenteng Kim Tek Le ini, Gunawan Djajatputra, ada puluhan ribu orang yang berkunjung ke klenteng ini mulai dari 14 - 16 Februari 2018. "Ada 20 ribu umat yang ke sini selama tiga hari," ujar Gunawan kepada VIVA, di lokasi. 

Ribuan orang itu datang dari berbagai daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang. Bahkan, ada juga pengunjung dari luar pulau Jawa, seperti Sulawesi. Mereka datang untuk wisata sekaligus sembahyang.

Tanpa PPKM, Begini Suasana Imlek di Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan

Pada perayaan Imlek tahun ini di vihara tersebut agak berbeda.  Tahun sebelumnya, satu orang yang akan ibadah di klenteng itu diberikan 70 dupa yang disediakan pengurus. "Namun, pada tahun ini kita kurangi. Satu orang yang akan ibadah dapat 25 dupa, dua lilin dan juga satu kertas untuk dibakar yang telah dibungkus," katanya. 

Hal itu dilakukan untuk mengurangi munculnya asap ketika orang ibadah di dalam area klenteng. Bahkan, untuk mengantisipasi kebakaran seperti yang terjadi pada 2015 lalu,  pengelola klenteng telah menempatkan lilin besar di belakang klenteng. Selain itu, pengelola mendesain ruangan dengan memasang kipas exhaust agar asap bisa cepat terbuang.

Ibadah di Vihara Dharma Bhakti Terapkan Prokes Ketat
Suasana Imlek di Vihara Dharma Bhakti di Kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat.

Hal yang Dilarang Saat Imlek Sampai Kaitannya dengan Hujan dan Hoki

Round-up dari kanal Lifestyle pada Minggu, 22 Januari 2023. Berita yang menarik perhatian pembaca yakni seputar Imlek.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2023