Miras Oplosan Marak, Polisi Ajak Orangtua Awasi Anak

Korban miras oplosan/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK

VIVA –  Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, pihak kepolisian akan melakukan razia minuman keras. Hal ini dilakukan sehubungan dengan maraknya miras oplosan di berbagai daerah yang menewaskan puluhan orang.

3 Warga Tasikmalaya Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan

"Kepolisian sesuai kalender Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) akan melakukan cipta kondisi. Kami akan razia miras," ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 9 April 2018.

Polri, kata Iqbal, akan mengerahkan segenap komponennya dalam mengantisipasi fenomena miras oplosan ini. Dalam hal ini, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang merupakan unsur kepolisian paling dekat dengan masyarakat juga akan dikerahkan sebagai ujung tombak.

Pesta Miras Oplosan Etanol Renggut Nyawa 4 Orang, Pengoplos Uji Rasa Buat Usaha Miras

Kendati demikian, lanjut Iqbal, polisi juga tidak bisa bergerak sendiri. Diperlukan kerja sama dengan pemerintah setempat, tokoh masyarakat dan kepedulian masyarakat itu sendiri. Diakui Iqbal, terdapat Perda yang memperbolehkan penjualan miras secara legal.

"Kami juga imbau miras dikonsumsi tidak setiap hari dong," ucap Iqbal.

3 Mahasiswa Narotama Surabaya Tewas Diduga usai Pesta Miras

Namun, menurut Iqbal konsumsi miras jenis apa pun sebaiknya dijauhi. Mengingat, konsumsi miras menurutnya juga tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia.

"Itu kan budaya orang yang kedinginan. Kita kan sudah enggak dingin, panas. Pakai miras pula jadi emosi, belum lagi nge-fly nyupir motor mobil jadi tabrakan," ujar dia.

Mantan Kapolrestabes Surabaya ini menambahkan, polisi juga meminta agar para orang tua menjaga aktivitas putra-putrinya. Terlebih, untuk anak-anak yang kerap keluar pada malam hari. Menurut Iqbal, peran orang tua cukup sentral dalam mencegah para remaja agar tidak menjadi korban miras oplosan.

"Ini merupakan wake up call bagi kita semua. Seluruh lembaga komponen masyarakat agar memerangi penggunaan miras," kata Iqbal. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya