Ada Aksi 67, Penumpang Kereta ke Jawa Bisa Naik dari Jatinegara

Suasana di Stasiun Kereta Gambir beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Rintan Puspitasari

VIVA – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta melakukan rekayasa pola operasi Kereta Api, terutama rute-rute jarak jauh dari Jakarta ke kota-kota lain di Pulau Jawa. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi kemacetan yang mungkin terjadi lantaran adanya pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir karena ada Aksi 67 Tegakkan Keadilan pada Jumat siang di Jakarta Pusat.

KAI Tambah 7 Kereta Api di Libur Long Weekend, Simak Rute-rutenya

Dikhawatirkan, hal tersebut akan membuat calon penumpang yang hendak menggunakan moda transportasi KA di Stasiun Gambir terhambat. Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo mengatakan, ada 12 KA di Stasiun Gambir yang akan mengikuti rekayasa pola operasi.

Ke-12 KA akan berhenti luar biasa (BLB) atau berhenti untuk proses naik penumpang di Stasiun Jatinegara. Jadi, para calon penumpang bisa naik dari Stasiun Jatinegara.

Remaja 17 Tahun Betah Tinggal di Gerbong Kereta Api, Habiskan Ratusan Juta dalam Setahun

“Biasanya, KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di stasiun Jatinegara, namun khusus hari Jumat ini akan berhenti di stasiun Jatinegara. Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju stasiun Gambir, mereka bisa mencari alternatif dengan rekayasa pola operasi ini,” kata Edy dalam keterangan tertulisnya, Jumat 6 Juli 2018.

Operasi rekayasa KA tersebut dimulai pada KA 11752 (Argo Parahyangan Tambahan) keberangkatan pukul 14.05 WIB sampai dengan KA 48 (Sembrani) keberangkatan pukul 19.15 WIB. Edy menjelaskan, rekayasa pola operasi tak akan berjalan baik bila tidak ada kerja sama dengan calon penumpang.

Ada Korban Meninggal Akibat Tabrakan KA Pandalungan Vs Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Terganggu

Untuk itu, Edy mengimbau calon penumpang bisa mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya agar tidak tertinggal. Edy juga mengingatkan kembali para calon penumpang, untuk memastikan kembali nama yang tertera pada tiket atau kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas.

"Ke-12 KA tetap akan berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi, di mana di Stasiun Jatinegara akan berhenti guna menaikan penumpang. Dengan adanya rekayasa pola dengan BLB ini, PT KAI juga telah menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang,” kata dia. (ren)

Ilustrasi Kereta api melintas

125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

KAI Daop 1 Jakarta menjalankan beberapa kereta api tambahan

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024