Sambangi JK, Gubernur Jepang Minta Dukungan Asian Games 2026

Gubernur prefektur Aichi, Jepang, Hideaki Omura.
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Gubernur prefektur Aichi, Jepang, Hideaki Omura, meminta dukungan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait pelaksanaan Asian Games XX/2026 yang akan dilaksanakan di Nagoya, Aichi.

Jelang Hadapi 2 Event Besar, PRSI Panggil 16 Atlet ke Pelatnas Renang

Hal itu disampaikan dalam pertemuan antara Omura dan JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Tentang Asian Games, empat tahun lagi diadakan di China. Dan delapan tahun lagi dari sekarang, diadakan di daerah kami, Aichi. Saya meminta dukungan dan bantuan dari Bapak Wakil Presiden, dan beliau bersedia memberi dukungan," ujar Omura.

Tekad 2 Atlet Alumnus PON XX Papua Tembus Pelatnas Polo Air

Adapun, menurut Omura, JK pertama-tama lebih menekankan pada pelaksanaan Olimpiade 2020 yang akan dilaksanakan di Tokyo. Pesta olahraga terbesar antarbangsa-bangsa sedunia itu adalah ajang internasional besar yang akan diselenggarakan Jepang dalam waktu lebih dekat.

"Harapan dari Bapak Wakil Presiden, yang pertama adalah harapan bahwa dua tahun yang akan datang, yaitu Olimpiade yang diadakan di Tokyo, itu dulu. Katanya semoga berhasil," ujar Omura.

Pantau Seleknas Polo Air, Ketum PRSI Puas Persiapan Menuju Asian Games

Sementara itu, Omura menyampaikan, JK memberi komitmen bahwa Indonesia akan turut mendukung pelaksanaan Asian Games Nagoya usai Asian Games XVIII/2018 yang saat ini sedang berlangsung di Jakarta dan Palembang, sukses digelar.

"Untuk Asian Games pada 2026, beliau akan mendoakan," ujar Omura.

Omura menyampaikan, ia juga turut menyaksikan upacara pembukaan Asian Games XVIII/2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, juga meninjau media center. Omura merasa kagum dengan adegan yang melibatkan Presiden Joko Widodo dalam upacara pembukaan, serta sempat juga menyaksikan latihan para atlet Jepang melalui media center.

"Itu (adegan Jokowi di upacara pembukaan) adegan yang luar biasa bagus, dan juga ada berbagai adegan yang melambangkan apa yang ada di Indonesia, seperti dari sejarahnya. Jadi semua performance itu bagus dan sangat mengharukan," ujar Omura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya