Masjid Istiqlal Gunakan Ribuan Besek untuk Bagikan Hewan Kurban

Besek Bambu.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Masjid Istiqlal tidak menggunakan plastik dalam pembagian hewan kurban. Sebagai gantinya, pihak Masjid Istiqlal memesan 6 ribu besek dari Rajapolah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Komentari Kisruh dengan Ketua RT, Saipul Jamil Sebut Dewi Perssik Korban

"Iya jadi kami ikut anjuran Bapak Gubernur DKI (Anies Baswedan) menggunakan besek ya. Kami sudah pesan sekitar 6.000 juga dari Rajapolah, Tasikmalaya," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Abu mengatakan, seandainya hewan kurban yang diterima banyak dan beseknya tidak cukup, pengelola Istiqlal telah menyiapkan wadah lain yang juga ramah lingkungan.

Perseteruan Selesai, Dewi Perssik Bakal Temui Pak RT untuk Bersilaturahmi

"Nanti seandainya hewan kurban yang kami terima banyak dan beseknya nggak cukup, kami akan menggunakan plastik yang ramah lingkungan yang bahan bakunya terbuat dari bambu itu," kata Abu. 

Abu berharap kurban tahun ini jumlah daging kurban yang bisa dibagikan ke masyarakat tidak berkurang dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, kata Abu, Masjid Istiqlal membagikan 6.000 kantong plastik kepada masyarakat. Setiap kantong plastik berisi 1 kilogram daging.

Abis Heboh Seteru Sampai Nangis-nangis, Dewi Perssik Kini Ngaku Bangga Sama Pak RT

Sejauh ini, kata Abu, hewan kurban yang sudah ada di Masjid Istiqlal yaitu 18 sapi dan 15 kambing. Dari 18 sapi tersebut, terdapat sapi milik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sapi keduanya berjenis Limosin.

"Tergantung jumlah hewan kurban yang kami terima nanti, yang jelas untuk tahun kemarin kami bisa sekitar 6.000 bungkus, satu bungkusnya itu 1 kg. Mudah-mudahan tahun ini bisa seperti tahun kemarin," katanya.

Bertrand Antolin

Bukan Muslim, Ini Alasan Bertrand Antolin Tetap Terlibat dalam Berkurban

Bertrand Antolin terlibat untuk ketiga kalinya sejak tahun 2021, dan tahun ini lebih luas dengan penyaluran hewan kurban mencakup 35 titik lokasi di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2023