TNI-Polri Siap Kawal Pembukaan Mal di Jakarta Hari Ini

Ilustrasi pusat perbelanjaan atau mal.
Sumber :
  • Malay Mail

VIVA – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengaku telah siap mengawal dibukanya kembali pusat perbelanjaan atau mal di kawasan Ibu Kota yang dilakukan hari ini, Senin 15 Juni 2020.

Content Creator Ini Sebut Warna Bisa Pengaruhi Suasana

"Kesiapan pengamanan dari beberapa instansi, TNI-Polri memang sudah kita rapatkan bersama, sudah ada rapat koordinasi dalam hal ini TNI Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya di sini untuk masing-masing Polres wilayah baik Polres dan Kodim memploting mana mal-mal yang akan dibuka dan melihat sebesar apa pasar modern yang akan dibuka, sehingga bisa menghitung berapa kekuatan yang akan dilibatkan di sana," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, saat dikonfirmasi wartawan, Minggu 14 Juni 2020.

Kata Yusri, pada tiap mal dipastikan ada anggota TNI-Polri yang berjaga dan bahkan dibuat pos pantau di sana. Petugas yang disiagakan di sana akan mengedepankan protokol kesehatan seperti tiap pengunjung wajib menggunakan masker.

5 Jenis Penyakit yang Sering Dikeluhkan Orang Usia Produktif

Yusri menegaskan petugas tak akan lengah dan akan mengawasi setiap pengunjung yang mau masuk ke dalam mal. Masyarakat diminta bisa mengikuti aturan yang ada, karena semua hal tersebut dilakukan tak lain agar tidak terjadi penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Yang tidak pakai masker kita upaya berikan di situ, kemudian dari pihak mal tersebut wajib menyiapkan cuci tangan dan hand sanitizer. Dan untuk physical distancing di sini dalam bentuk stiker-stiker yang ada. Ini upaya mengatur jarak antara pengunjung mal sudah ada kebijakan dalam Pergub Nomor 51 tahun 2020 Tentang 50 persen (jumlah pengunjung mall) ini harus ditaati, dipatuhi masyarakat," katanya lagi.

Rumah Konsep New Normal Pikat Kaum Milenial, Pengembang di Tangerang Pede Jual hingga Rp 7 M

Baca juga: 80 Mal di Jakarta Mulai Buka Kembali Hari Ini

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuka kembali mal atau pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Ibu Kota, 15 Juni 2020 mendatang.

“Pemprov Jakarta sudah menetapkan bahwa tanggal 15 Juni pusat perbelanjaan akan bisa mulai beroperasi,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, saat meninjau Emporium Pluit Mall Jakarta, Kamis, 11 Juni 2020.

Apabila sudah dibuka kembali, pusat perbelanjaan harus menerapkan beberapa hal di antaranya kapasitas pengunjung jumlahnya harus 50 persen.

“Rumus 50 persen ini harus dipegang teguh oleh semua, tadi saya menyaksikan cara menghitung pengunjung ketika masuk mal, ada juga cara menghitung pengunjung kalau di dalam satu fasilitas di sini apakah kafe atau restoran atau toko,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya