Polisi Minta Korban Penipuan Biro Umrah Damtour Lapor

Ilustrasi penipuan jemaah oleh travel umrah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Polisi kembali membongkar kasus penipuan berkedok biro perjalanan ibadah haji dan umrah di Depok, Jawa Barat. Dari hasil penyelidikan terungkap, pelaku telah menjerat para korbannya di 15 daerah.
        
Pelakunya diketahui bernama Hambali Abbas, selaku direktur PT Damtour. Berdasarkan laporan sementara, jumlah korbannya mencapai sekitar 200 orang dengan total kerugian mencapai Rp4 miliar. Polisi memperkirakan, masih ada korban lainnya terkait kasus ini.

Petani Ditipu Oknum Polwan Rp598 Juta, Polda Metro Jaya Sebut Pelaku Dipecat

"Bagi masyarakat yang menjadi korban PT. Damtour dapat mengubungi penyidik Unit Krimsus Satuan Reskrim Polresta Depok," kata Kapolresta Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah, Senin, 16 September 2019.
         
Adapun modus pelaku, menurut Azis, sama seperti kasus-kasus sebelumnya yakni dengan iming-iming paket murah senilai Rp11 juta hingga Rp25 juta. "Tersangka ini mempresentasikan jasa perjalanan ibadah umrah dengan cara tunai atau mencicil dan juga promo dengan kisaran harga antara Rp11 juta sampai dengan Rp25 juta," ujarnya.

Polisi mensinyalir, pelaku telah melancarkan aksinya sejak lebih dari setahun lalu. Para korbannya tersebar dari sejumlah daerah seperti Depok, Tanggerang, Madura, Bogor Jakarta, Bekasi, Padang, Palembang, Indramayu, Kuningan, Kebumen, Ciamis, Brebes, Lampung dan sekitarnya.

BPK Ungkap Dugaan Penyimpangan Keuangan di Indofarma Rugikan Negara hingga Rp 371 Miliar

Atas perbuatannya itu, tersangka bakal dijerat Pasal 378 tentang penipuan. Kasusnya dalam penyelidikan lebih lanjut Polresta Depok. [mus]

Tantri Kotak dan Arda Naff.

Ikhlaskan Gak Beli Mobil, Tantri Kotak-Arda Naff Sujud Syukur Bisa Pergi Haji Tahun Ini

Pasangan musisi Arda Naff dan Tantri Kotak, mendapat kesempatan untuk menjalankan ibadah haji bersama di tahun 2024 ini. Dia menceritakan, Allah mempermudah naik haji.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024