Jokowi Sebut Prabowo-Sandi Sahabat, Relawan Berteriak 

Relawan nobar pelantikan Jokowi-Maruf di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Joko Widodo dan Ma'ruf Amin telah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 pada hari ini, Minggu 20 Oktober 2019. Tak hanya dihadiri oleh sejumlah kepala negara sahabat, acara pelantikan ini juga dihadiri oleh rival Jokowi-Ma'ruf dalam Pemilu 2019 yaitu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Ketika memberikan sambutannya dalam pidato pertamanya sebagai Presiden terplih 2019-2024, Jokowi mengawali pidatonya dengan memberikan ucapan penghormatan kepada pimpinan MPR, dan seluruh anggota MPR. 

Setelah itu, penghormatan juga dihaturkan kepada Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden terpilih 2019-2024. Lalu, kepada Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden RI ke-5, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI ke-6 dan kemudian berturut-turut kepada para mantan Wakil Presiden yang hadir termasuk Jusuf Kalla.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Lantas Jokowi juga mengucapkan penghormatan kepada Kepala Negara dan utusan khusus dari negara-negara sahabat. Dia juga tak lupa memberi penghormatan kepada rivalnya yang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang hadir dalam acara tersebut.

"Dan Sahabat Saya, Pak Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno," kata Jokowi dalam sambutannya, Minggu 20 Oktober 2019.

Polisi Bekuk Pria Diduga Biayai Upaya Penggagalan Pelantikan Presiden

Sejumlah relawan yang hadir menonton bersama upacara pelantikan lewat videotron di kawasan patung kuda Arjuna Wijaya, Jakarta, tampak antusias merespons ucapan Jokowi tersebut. Mereka pun bersorak sembari bertepuk tangan.

"Uuuuuuu," teriak para relawan Jokowi-Ma'ruf dan ada juga yang bertepuk tangan.

Para relawan Jokowi-Ma'ruf yang hadir di kawasan patung kuda ini masih kondusif dan hikmat menonton prosesi pelantikan Jokowi-Ma'ruf hingga sore.

Sesekali mereka bersorak ketika Jokowi menandatangani dokumen dalam acara Pelantikan Presiden itu.

"Hidup Jokowi, Sah, Maju terus Indonesia, Maju," ucap massa.

"Jokowi, Indonesia, Jokowi, Amin," pekik mereka.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya