Baja Gedung Slipi yang Roboh Diperkirakan Korosi di Atas Tiga Tahun

Gedung roboh di Slipi, Jakarta Barat, Senin, 6 Januari 2020
Sumber :
  • VIVAnews / Foe Peace

VIVA – Korosi yang terjadi pada gedung roboh di Jalan Kota Bambu Selatan I Blok Tali Nomor 15, RT 2/RW 9, Palmerah, Jakarta Barat diduga sudah berlangsung cukup lama. Perkiraannya di atas tiga tahun lebih.

Kondominium Ambruk di Miami, Tak Ada Korban Asal Indonesia

"Bisa di atas tiga tahun," ucap Kepala Bidang Balistik dan Metalurgi Forensik Pusat Laboratorium Forensik Polri, Kombes Pol Ulung Kanjaya di Jakarta, Selasa 7 Januari 2020.

Hal ini nampak dari bentuk baja gedung yang sudah tak karuan. Baja sudah separuhnya mengalami korosi. Alhasil, baja tak lagi bisa berdiri kokoh sebagai penopang. Melihat hal ini, maka wajar pada akhirnya gedung diruntuhkan saja.

Polisi Periksa Dua Pejabat Pemprov DKI Terkait Gedung Roboh Slipi

Menurut Ulung, gedung sudah tak mungkin lagi dibiarkan berdiri dengan kondisi demikian. Pasalnya, hal tersebut tentu saja berbahaya bagi orang-orang. Namun, pihaknya masih akan menganalisis penyebab mutlak robohnya gedung ini.

"Sudah cukup lama karena lihat dari bentuk korosinya sampai separuh baja itu sudah kemakan," kata dia.

Terkuak, Gedung Ambruk di Slipi Tak Pernah Dirawat Sejak 1997

Sebelumnya, sebuah gedung berlantai empat di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat, roboh, Senin, 6 Januari 2020. Belum diketahui penyebab gedung itu roboh. Kejadian itu sempat mengakibatkan kemacetan parah di sekitar lokasi.
 

Petugas mengevakuasi korban ledakan di sebuah gedung, Dhaka, Bangladesh, Selasa

Ledakan Gedung di Bangladesh Tewaskan 17 Orang, Ratusan Luka-luka

Sebuah ledakan terjadi di gedung komersial tujuh lantai di ibu kota Bangladesh pada Selasa, 7 Maret 2023, menewaskan 17 orang dan puluhan luka-luka

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2023