Update Corona DKI 7 Agustus 2020: Kasus Positif Tambah 658 Orang

Swab Test di Pasar. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Weningtyas Purnomorini, mengatakan bahwa ada penambahan kasus positif sebanyak 658 kasus pada Jumat, 7 Agustus 2020. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

"Jumlah kasus konfirmasi positif secara total di Jakarta pada hari ini sebanyak 24.521 kasus. Dari jumlah tersebut, 15.201 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 922 orang meninggal dunia," kata Weningtyas di Balai Kota DKI Jakarta.

Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta saat ini sebanyak 8.398 kasus atau orang yang masih dirawat/isolasi. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 7,2 persen, sedangkan Indonesia sebesar 15,1 persen. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen. 

Namun, persentase kasus positif ini hanya bisa dianggap valid bila standar jumlah tes yang dilakukan telah terpenuhi. Bila jumlah tesnya sedikit (tidak memenuhi standar WHO), maka indikator persentase kasus positif patut diragukan.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Selama vaksin belum tersedia, maka penularan wabah harus dicegah bersama-sama dengan disiplin menegakkan pembatasan sosial dan protokol kesehatan. Perlu diingat selalu untuk memperhatikan dan menjalankan prinsip-prinsip ini dalam berkegiatan sehari-hari.

Seperti tetap tinggal di rumah dan tidak keluar bila tidak ada keperluan mendesak. Selalu jalankan 3M: Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak aman 1,5-2 meter, dan Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin.

"Seluruh kegiatan yang diizinkan beroperasi harus dalam kapasitas maksimal 50% dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Ingatkan sesama untuk selalu menerapkan protokol kesehatan," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya