Mobil Terbakar di Pademangan Jakut Gegara Warga Bakar Sampah

Mobil terbakar di Pademangan, Jakarta Utara.
Sumber :
  • Andrew Tito/VIVA.

VIVA – Sebuah mobil minibus yang terparkir di pinggir jalan terbakar akibat kelalaian warga yang membakar sampah pada Rabu, 2 Desember 2020 petang. Peristiwa itu terjadi di daerah Pademangan, Jakarta Utara

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Kasie Ops Damkar Jakarta Utara Rahmat Kristianto mengatakan, warga yang kurang bertanggung jawab membakar tumpukan sampah plastik dan daun kering. Api kemudian menjalar hingga ke bagian kolong mobil yang terparkir.

“Pemeriksaan saksi-saksi, sempat terjadi ledakan sebelum mobil terbakar, api yang dari tumpukan sampah yang terbakar menjalar hingga di bagian bawah tangki mobil,” ujar Rahmat dikonfirmasi, Rabu, 2 Desember 2020.

Audit Sampah Sungai Watch Dinilai Tidak Merepresentasikan Kondisi di Indonesia 

Rahmat mengatakan, kejadian tersebut pertama kali diketahui warga sekitar yang mendengar suara ledakan. Warga kemudian keluar dan mencari tahu, kemudian terlihat sebuah mobil yang sudah terbakar api dari tumpukan sampah.

Sementara seorang yang membakar sampah tersebut tidak diketahui keberadaannya. Sampah yang terbakar di tinggal begitu saja setelah api sudah membesar.

P&G Indonesia Dukung HPSN 2024: Wujudkan Bebas Sampah Plastik dengan Inovasi dan Kolaborasi!

“Tiga unit mobil pemadam kebakaran kita kerahkan ke lokasi, api berhasil padam tidak lama, sekitar 10 menit,” ujarnya.

Pencemaran sampah plastik.

Dua Sisi Sampah Plastik, Ramah Kantong tapi Tidak untuk Kesehatan

Sebuah studi melaporkan sampah plastik sekali pakai berupa kemasan sachet dan pouch. Satu sisi dianggap ramah di kantong, tapi sisi lain tidak ramah kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024