Sudah Empat Hari Warga Muaragembong di Bekasi Dikepung Banjir

Ratusan rumah di Kampung Bulak, Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembog, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir pada Jumat, 5 Februari 2021.
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Sejak empat hari, ratusan rumah di Kampung Bulak, Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembog, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir. Banjir setinggi satu meter itu memutus akses jalan dua desa di sana.

Banjir Lahar Dingin Marapi Terjang Agam dan Tanah Datar, Korban Jiwa Berjatuhan

Sedikitnya 500 kepala keluarga terisolasi. Mereka terjebak karena luapan Kali Cihaerang sejak meluber tiga hari lalu. Bahkan, warga menyatakan air sudah mulai memasuki rumah warga sejak Rabu lalu. "Banjirnya sudah tiga hari tiga malam, akibat Kali Ciherang meluap," kata Aam, warga sekitar, pada Jumat, 5 Februari 2021.

Aam menambahkan, karena banjir itu kebanyakan warga ada yang bertahan di rumah masing-masing. Bahkan, sampai saat ini belum ada bantuan korban banjir dari pemerintah daerah.

Ratusan Korban Banjir di Sulawesi Tenggara Mengungungsi Mandiri, Menurut BNPB

Baca: Detik-detik Menegangkan saat Banjir Bandang di Puncak Mas

Warga berharap, kata Aam, setidaknya ada dapur umum yang didirikan di lokasi banjir. Karena, kata dia, ketersediaan makanan sangat membantu korban yang rumahnya sudah terendam.

Holding PTPN Gelontorkan Bantuan Buat Korban Banjir Bandang Luwu

Ketua Destana Pantai Harapan Jaya, Abdillah S Marta, mengaku masih berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Menurut dia, ada sekitar 500 kepala keluarga di dua dusun yang terdampak banjir.

"Kita telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk meminta bantuan perahu, setidaknya untuk mengevakuasi korban yang terjebak di dalam rumah," katanya.

Dampak banjir lahar dingin marapi

12 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Marapi

Sembilan korban meninggal telah diidentifikasi.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024