Urai Macet ke Bandara Soetta, 4 Ruas Tol Akan Dibangun di Tangerang

Empat jalan tol akan dibangun di Kabupaten Tangerang pada 2022 mendatang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Sejumlah empat ruas tol baru di Kabupaten Tangerang akan segera dibangun pada 2022 mendatang. Empat tol itu, yakni Tol Serpong-Balaraja, Tol Kamal-Teluknaga Rajeg-Balaraja (Tol Kataraja), Tol Semanan-Balaraja (Serbaraja) dan Ruas Tol Pakuhaji-Sepatan-Timur-Neglasari Bandara Soekarno Hatta.

Mengungkap Status Land Cruiser Pelat Nomor B3BAS yang Ugal-ugalan

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid mengatakan, rencana pembangunan empat ruas tol merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurai kemacetan dan mempermudah lalu lintas Kabupaten Tangerang bagian utara, serta Bandara Soetta.

"Bupati melihat kebutuhan akses jalan atau transportasi akan menjadi kebutuhan jangka panjang yang bakal dinikmati anak cucu kita, karena kita melihat wilayah ini akan terus mengalami perkembangan secara ekonomi dan jumlah populasinya," katanya, Kamis, 8 Juli 2021.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Pembangunan ini pun sudah melalui kajian mendalam serta sebagian proses perizinan sudah mendapat persetujuan dari kementerian terkait.

"Penetapan lokasi untuk ruas tol sudah disetujui oleh Gubernur Banten, dimana bakal melintasi sejumlah kecamatan dan desa di dalamnya, sebagai pemerintah daerah kita terus lakukan monitoring dan evaluasi terkait proyek ini," ujarnya.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Empat ruas tol tersebut pun berada di bawah naungan konsorsium perusahaan swasta. Pihaknya bertugas sebagai tim monitor dan evaluasi, sehingga Pemerintah Kabupaten Tangerang tidak akan terlibat dalam urusan pembebasan lahan di wilayah yang menjadi zonasi pembangunan ruas tol yang melintasi kawasan kecamatan Teluknaga, Pakuhaji, Kosambi, Sepatan Timur, Rajeg, Balaraja serta kecamatan lainnya.

"Tol Serpong Balaraja di bawah konsorsium PT. Trans Bumi Serbaraja, Tol Kamal Teluknaga Rajeg Balaraja atau atau ruas Tol Kataraja di bawah konsorsium PT. Duta Graha Karya, ruas Tol Semanan Balaraja atau Serbaraja dikelola oleh konsorsium PT. Alam Sutera Realty Tbk, dan ruas Tol Pakuhaji Sepatan Timur Neglasari Bandara Soekarno Hatta di kelola konsorsium Raharja Bandara Agung," ujarnya.

Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Bangunan Henry menambahkan, empat jalan tol tersebut menjawab akan kebutuhan infrastruktur jalan di Kabupaten Tangerang.

Untuk panjang jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg yakni, 35,6 km, Tol Serpong-Balaraja sepanjang 37,6 km, Tol Semanan-Rajeg-Balaraja 21 km dan Tol Pakuhaji-Sepatan Timur 11,5 km.

"Percepatan pembangunan tol ini merupakan salah satu upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan ruas jalan penghubung antar kecamatan yang begitu luas di Kabupaten Tangerang," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya