Warga DKI Saksikan Atraksi Pesawat Tempur TNI saat HUT ke-76 RI

Sejumlah warga DKI Jakarta menikmati atraksi terbang lintas (flypast) pesawat tempur TNI Angkatan Udara di Jalan Majapahit, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Agustus 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

VIVA – Sejumlah warga DKI Jakarta menyaksikan atraksi terbang lintas (flypast) pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara yang terbang melintasi langit Istana Merdeka, Jakarta Pusat, saat peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Masyarakat pun turut menyaksikan jalannya Upacara Detik-Detik Proklamasi meski dari luar Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Kebetulan sekalian lari pagi dan lewat Istana Merdeka. Biasanya ada atraksi pesawat kelihatan dari sini," kata Hasyim, warga asal Petojo, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Agustus 2021.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Warga lainnya, Winda, yang kebetulan melintas Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, juga sengaja memberhentikan kendaraan untuk melihat atraksi tersebut. “Karena lihat banyak orang juga berdiri, akhirnya kami ikut nonton atraksinya," ujarnya.

Ketika Detik-Detik Naskah Proklamasi dibacakan pada pukul 10.17 WIB, masyarakat juga diminta untuk berdiri tegak dan melakukan sikap sempurna selama 3 menit agar Peringatan HUT Ke-76 RI berjalan lebih khidmat.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Atraksi dalam rangka Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia juga dilakukan oleh helikopter TNI AU yang mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran raksasa.

Prajurit TNI AU telah melakukan latihan pengibaran bendera raksasa dengan helikopter di langit Jakarta pada beberapa hari terakhir ini.

Selama upacara berlangsung, petugas gabungan TNI dan Polri tidak membolehkan pejalan kaki memasuki Jalan Merdeka Barat maupun Jalan Merdeka Utara di kawasan Istana Merdeka.

Begitu juga dengan kendaraan roda empat dan roda dua tidak diperbolehkan melintas selama Upacara Detik-Detik Proklamasi berlangsung.

Sedikitnya ada empat jalan protokol yang ditutup selama Upacara berlangsung, yakni Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, dan Jalan Veteran III. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya