Nama Pendekar Betawi 'Bang Pitung' Diresmikan Jadi Nama Jalan

Nam pendekar Betawi “Bang Pitung” diresmikan menjadi nama jalan di Jakarta Selatan.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Nama pendekar legendaris asal Betawi “Bang Pitung” diresmikan menjadi nama jalan di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan menggantikan Jalan Kebayoran Lama. 

Pemprov DKI Bakal Tata Ulang Kebayoran Lama jadi 4 Blok

Wakil Camat Kebayoran Lama, Sidik Rawanta mengatakan jalan Raya Kebayoran Lama yang dari arah Palmerah hingga Perempatan RS Medka hingga kini telah berganti nama. 

"Jalan raya Kebayoran Lama penggal jalannya dari Pasar Palmerah sampai perempatan RS Medika menjadi Jalan si Pitung," ujar Sidik dikonfirmasi, Minggu 19 Juni 2022. 

Nama David Bowie Diresmikan Jadi Nama Jalan di Paris

Sidik mengatakan ide perubahan nama menjadi nama salah satu pahlawan dan juga legenda Indonesia dari tanah Betawi tersebut merupakan inisiasi dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. 

Sidik mengatakan nantinya masih ada 2 nama jalan lain yang bakal diubah di Jakarta Selatan dengan nama tokoh legenda Indonesia. Penggantian nama-nama jalan ini nantinya akan itu diresmikan melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta.

Bukan Cuma Bunuh Pasutri, Kakak Adik di Jaksel Juga Serang Dua Orang Lainnya

"Leading sector-nya yang mengelola Dinas Kebudayaan membuat rapat dengan SKPD terkait, termasuk kelurahan dan kecamatan. Untuk Kebayoran Lama itu rencananya ada 3 penggal jalan yang akan diubah, dua titik lainnya Jl Ciputat Raya dan Ciledug Raya,” ujarnya. 

Terlihat ada sebuah pelang jalan bertuliskan 'Jl Bang Pitung' di lampu merah pertigaan Rawa Belong, Pelang jalan itu berada di tengah jalan menghadap gedung putih di depannya. 

Pertigaan lampu merah Rawa Belong sendiri menghubungkan tiga jalan, yaitu Jl Palmerah di sisi timur, Jl Bang Pitung di sisi selatan, dan Jl Kemanggisan di sisi utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya