Saat Mahasiswa Demo Pakai Kaos Oranye Tulisan Calon Tahanan RKUHP

Demo mahasiswa menolak RKHUP
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA – Demo puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi penolakan RKUHP menggelar unjuk rasa di depan Patung Kuda Jakarta Pusat, Selasa 21 Juni 2022. Aksi unjuk rasa tersebut bersamaan dengan hari ulang Tahun Presiden Joko Widodo yang ke 61.

Meski Ada Solusi Keringanan Pembayaran, BEM USU Tegas Menolak Kenaikan UKT

Dalam aksinya, massa sempat dicegah hingga jangan sampai mendekati istana negara di ruas Jalan Merdeka Barat. Massa aksi yang berasal dari Universitas Indonesia, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan elemen masyarakat lainnya menggelar long march dari IRTI Monas.

Demo mahasiswa menolak RKHUP

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)
Kemah di Kampus, Mahasiswa Jepang Desak Rektor Putus Kerjasama dengan Israel

Namun saat berusaha menuju ke arah Istana Negara, puluhan aparat kepolisian melakukan pengadangan dengan membuat barisan. Terlihat sedikit terjadi aksi saling dorong antara massa dengan kepolisian, namun tidak lama situasi kembali kondusif.

Massa kemudian diarahkan oleh petugas ke depan halaman gerbang masuk kawasan Monas. Diketahui, aksi unjuk rasa yang digelar massa Aliansi Nasional Reformasi KUHP bertepatan dengan hari ulang tahun Presiden Jokowi ke 61.

Orang Tua Mahasiswa IPB: Saya Bisa Ajukan Keringanan Biaya Kuliah

Unjuk rasa yang mereka gelar dengan judul: Hadiah Ulang Tahun Presiden Jokowi: Somasi RKUHP." Ada yang menarik saat demo tersebut, salah satu oratornya mengunakan kaos oranye bertuliskan calon tahanan 001 RKHUP.

Dalam unjuk rasanya mereka menyampaikan sejumlah tuntutannya, yakni mendesak Presiden dan DPR RI untuk membuka draf terbaru RKUHP dalam waktu dekat menuntut Presiden dan DPR RI untuk revisi kembali pasal-pasal bermasalah dalam RKUHP yang dinilai menghilangkan kebebasan berpendapat bagi masyarakat.

Universitas Katolik Atma Jaya

Atma Jaya Jadi PTS Terbaik Se-Indonesia Kategori Lulusan Gampang Dapat Kerja

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) meraih prestasi sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik se-Indonesia dalam kategori Employability versi QS Rank 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024