Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tak Temukan DNA Orang Lain

Polisi olah TKP kediaman rumah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakbar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

VIVA Nasional - Hasil penyelidikan terkait dengan tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, diumumkan. Salah satu hasil penyelidikan mengungkap bahwa tidak ditemukan adanya DNA orang lain di rumah tersebut kecuali keempat jenazah keluarga.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Hal itu diungkap oleh Kabid Kimia dan Biologi Forensik (Kimbofor) Pusat Laboratorium Forensik, Kombes Pol Wahyu Marsudi, dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya.

Garis polisi di rumah keluarga yang tewas misterius di Kalideres

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)
Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Hanya DNA Para Korban

"Kami mencari jejak material biologi atau DNA selain korban di TKP, kenapa? Kalau ada jejak DNA selain DNA korban maka bisa diduga ada orang lain pernah masuk di TKP tersebut. Kita cari tahu di akses baik pintu masuk, kamar mandi, pintu keluar kita ambil DNA dan periksa di labfor ternyata tidak ditemukan DNA selain DNA keempat korban," ujar Wahyu dalam konferensi pers, Jumat, 9 Desember 2022.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

Ambil Tulang Iga

Kemudian, Wahyu menyebut pihaknya juga mengambil tulang iga dari keempat korban dalam rangka memastikan identitas korban sesuai dengan kartu tanda penduduk. Penyesuaian identitas korban juga dilakukan melalui perbandingan dengan anggota keluarga yang masih hidup.

"Kita pakai metode sibling, membandingkan korban meninggal dunia dengan keluarga yang masih hidup. Ternyata ada keidentikan, jadi keluarga masih hidup yaitu Irwanto Gunawan yang kita bandingkan dengan keempat korban. Keempat korban ternyata punya sibling atau garis kekerabatan dengan Irwanto Gunawan yang masih hidup," katanya.

Rumah TKP penemuan mayat satu keluarga di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Timur.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Bikin Geger Warga Kalideres

Diberitakan sebelumnya, penemuan empat jasad yang merupakan satu keluarga di dalam sebuah rumah, menggegerkan warga Kalideres Jakarta Barat, Kamis, 10 November 2022.

Keempat orang yang ditemukan tewas dalam kondisi mengering itu yakni Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (58), kemudian anak dari keduanya bernama Dian (40) dan yang terakhir yakni Budyanto Gunawan, yakni ipar dari Rudyanto.

Polisi menduga Reni Margaretha menjadi orang yang pertama meninggal dalam satu keluarga di Kalideres, Jawa Barat. Diperkiraan Margaret meninggal sejak 13 Mei 2022.

"Sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa ada yang meninggal pertama sejak 13 Mei. Diduga ini bernama ibu Margaret," kata Ditkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi, saat konferensi pers, Senin, 21 November 2022.

Rumah TKP penemuan mayat satu keluarga di Perumahan Citra Garden Kalideres

Photo :
  • ANTARA

Kesimpulan tersebut diambil dari hasil keterangan saksi dari mediator penjual tanah dan pegadaian yang datang ke lokasi kejadian. Saat itu, kata Hengki, saksi meminta untuk melihat pemilik sertifikat rumah dengan atas nama Reni Margaretha.

Reni Margaretha berada di dalam kamar bersama Dian yang merupakan anak. Saksi ingin melihat langsung Margaretha yang berada di dalam kamar. Namun, Dian meminta tidak menyalakan lampu dengan alasan Margaretha alergi terhadap lampu.

Kedua saksi, lanjut Hengki, sudah curiga lantaran sebelum memasuki rumah sudah mencium bau busuk. Setelah memasuki rumah korban, para saksi mencium bau busuk yang lebih menyengat.

"Tanpa sepengatahuan Dian, pihak koperasi ini hidupkan flash dan langsung teriak 'Allahuakbar ada mayat'. Yang bersangkutan langsung keluar proses simpan pinjem gagal dan ajak dua saksi lain keluar," kata Hengki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya