Dishub DKI Terapkan Car Free Night pada Malam Tahun Baru, Jalan Sudirman-Thamrin Ditutup

Ilustrasi Car free night Jakarta.
Sumber :
  • VIVA / Isra Berlian

VIVA Metro – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah melakukan segala persiapan untuk mengantisipasi pergerakan warga Ibu Kota pada saat perayaan malam Tahun Baru 2023. 

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan, pihaknya akan memberlakukan malam bebas kendaraan atau Car Free Night (CFN).

Syafrin menjelaskan, pihaknya akan menerapkan Car Free Night (CFN) di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin. Kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap mulai pukul 18.00 WIB.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

“Kami (Dishub DKI) akan memberlakukan CFN pada hari Sabtu, 31 Desember mulai pukul 20.00 WIB, namun secara bertahap mulai pukul 18.00 WIB,” kata Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 22 Desember 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • BNPB
Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan Selama Libur Lebaran pada 8 hingga 15 April 2024

Kemudian, Syafrin menerangkan penerapan Car Free Night itu dijadwalkan berlangsung hingga Minggu, 1 Januari 2023. “Untuk penutupan secara total sendiri sampai dengan pukul 02.00 WIB pada 1 Januari 2023,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syafrin menjelaskan, hal itu dilakukan untuk memberikan keleluasaan bagi warga Jakarta yang ingin merayakan pergantian tahun baru di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin. Selain itu, ia tetap mengimbau agar warga menggunakan layanan transportasi umum yang sudah disediakan.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah menyiapkan sebanyak 40 kantong parkir di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin pada saat perayaan tahun baru.

Car free night Jakarta 2018

Photo :
  • VIVA / Isra Berlian

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan disediakan 40 kantong parkir itu untuk mengakomodir kendaraan warga Ibu Kota yang ingin merayakan malam pergantian tahun di sekitar kawasan tersebut.

“Kapasitas cukup mumpuni, total sebanyak 40 lokasi (kantong parkir) yang sudah disiapkan,” kata Syafrin kepada awak media, Kamis, 22 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya