Prediksi Puncak Arus Mudik 8 April 2024, Dishub DKI Sediakan 150 Bus Cadangan

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memprediksi, puncak arus mudik di Ibu Kota bakal terjadi pada 8 April 2024. 

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Sesuai dengan data, memang puncaknya pada tanggal 8 April," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.

Syafrin menjelaskan, dia memprediksi puncak arus mudik itu setelah melihat tren para pemudik dari tahun sebelumnya. Warga, kata dia, bakal mudik tiga hari sebelum Idul Fitri.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

"Liburan tahun ini cukup panjang, mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 14 ya. Artinya bahwa untuk puncak mudik tahun ini itu kita proyeksikan pada tanggal 8 pada hari Seninnya karena perkiraan lebaran kan tanggal 10," ujar Syafrin.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • BNPB
Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Biasanya masyarakat akan berduyun-duyun untuk mudik itu H-3. Nah itu jatuhnya pada tanggal 8 April," sambungnya.

Di sisi lain, Syafrin juga mengantisipasi kepadatan pemudik 2024 dengan cara menyediakan 150 bus cadangan. Syafrin menuturkan saat ini pihaknya menyiapkan 2.258 bus dari 152 perusahaan otobus (PO) selama periode mudik Lebaran 2024.

"Kami siapkan 150 unit bus bantuan yang nantinya mem-back up bus reguler yang ada sekarang," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Dishub DKI juga akan menyiagakan petugas mulai dari 6 April. Adapun petugas itu bakal ikut membantu mengatur lalu lintas di terminal-terminal angkutan yang akan keluar dari Jakarta.

"Pada tanggal 6, Jumat malam itu, tanggal 7, kita akan antisipasi baik itu di ruas jalan dengan menyiapkan petugas dalam melakukan pengaturan lalu lintas maupun di terminal-terminal untuk angkutan yang keluar Jakarta," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya